Mempelajari Lebih Dalam Sistem Kerja Pendingin Mesin Pada Mobil
sistem pendingin mobil ( cooling system)
BAB I
SISTEM PENDINGINAN( COOLING SYSTEM )
Kendaraaan akan mengalami panas akibat
dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas itu
dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang tinggi
atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.
Sitem
pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin
didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air.
Mesin mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...
mempunyai
banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada
di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam
bunyi
Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Bagian-bagian cooling system serta gejala kerusakannya Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Sebenarnya sistem pendinginan mesin
terdiri dari banyak komponen. Namun seringkali hal ini tak disadari oleh
pemilik mobil. Sehingga masalah panas mesin tak bisa diatasi dengan
tuntas. Berikut komponen-komponen yang merupakan bagian dari sistem
pendingin mesin.
Radiator
Bertugas sebagai perantara agar air
panas dapat melepas kalornya ke udara. Dari bahannya, ada tiga jenis
radiator: kuningan, tembaga dan aluminium.
Kelebihan
radiator tembaga dan kuningan adalah kedua bahan ini bisa ditambal atau
diperbaiki jika terjadi kebocoran. Namun kemampuannya melepas panas
tidak sehebat aluminium. Sedangkan radiator aluminium agak sulit
diperbaiki jika bocor. Sekarang hampir semua mobil baru menggunakan
radiator aluminium.
Radiator coolant
Radiator coolant
Air
merupakan zat cair yang terbaik untuk mendinginkan mesin. Namun air
juga memiliki kelemahan seperti titik didih yang rendah dan bisa
menyebabkan korosi.
Makanya
untuk pendinginan mesin, air dicampur dengan coolant agar titik
didihnya bisa lebih tinggi dan tidak membuat korosi. Cairan pendingin
yang merupakan campuran air dan radiator coolant ini perlu diganti
paling tidak setahun sekali.
Kipas radiator ( FAN RADIATOR )
Kipas radiator ( FAN RADIATOR )
Untuk mengalirkan udara melalui
kisi-kisi radiator, khususnya saat mobil berhenti, diperlukan bantuan
kipas pendingin. Ada dua jenis kipas pendingin: yang digerakkan langsung
oleh mesin, dan diputar oleh motor listrik.
Kelebihan
kipas yang digerakkan mesin adalah kemungkinan rusaknya kecil. Tapi
kelemahannya putaran kipas ini rendah saat mesin stasioner dan memberi
beban ekstra kepada mesin, terutama pada putaran tinggi. Padahal pada
kecepatan tinggi radiator sudah cukup mendapat angin dari depan.
Untuk
mengurangi kelemahan ini, kipas mesin dilengkapi dengan kopling visco.
Kopling ini akan mengeras saat radiator sudah mulai panas sehingga
mempercepat putaran kipas. Dan akan melemah jika radiator dingin
sehingga kipas tidak terlalu membebani kerja mesin. Kerusakan pada
kopling visco adalah makin lemah seiring bertambahnya usia.
Sedangkan
kipas elektrik akan berputar cepat meski mesin dalam keadaan stasioner.
Ini sangat menguntungkan saat jalan macet. Namun motor listrik pada
kipas elektrik bisa rusak sehingga mengakibatkan mesin overheat.
Hidup-matinya
kipas elektrik ini diatur oleh thermoswitch yang bekerja dengan
mendeteksi suhu air pendingin. Ketika air sudah mulai panas,
thermoswitch akan memerintahkan kipas untuk hidup, sebaliknya saat air
radiator sudah kembali dingin kipas dimatikan.
Water pump
Untuk mengalirkan air dari radiator ke
blok mesin dan sebaliknya digunakan pompa air yang digerakkan oleh
mesin. Pada mesin kompetisi biasanya digunakan pompa air elektrik agar
tidak membebani mesin.
Kerusakan
pada pompa air umumnya adalah kebocoran pada silnya. Namun bisa juga
kerusakan terjadi pada bilah pompa yang korosi atau berubah bentuk
sehingga mengurangi kemampuannya memompa air.
Upper dan lower hose
Upper dan lower hose
Slang
radiator berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin.
Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas
dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang
sudah didinginkan kembali ke mesin.
Kerusakan
pada slang radiator adalah kebocoran akibat usia. Selain itu bisa juga
karena karet selang sudah lembek sehingga tidak tahan menghadapi tekanan
pada slang atas atau kevakuman pada selang bawah. Jika slang bawah
tidak tahan terhadap kevakuman, maka selang akan kempot dan air tidak
bisa bersirkulasi.
resevoar tank
resevoar tank
Dalam
keadaan panas, tekanan pada sistem pendinginan akan bertambah. Hal ini
mengakibatkan ada air yang harus keluar dari sistem yang akan ditampung
oleh tangki cadangan.
Saat
mesin kembali dingin, tekanan pada sistem pendinginan juga akan kembali
normal sehingga perlu tambahan air yang akan diambil dari tangki
cadangan. Kerusakan pada tangki cadangan adalah kebocoran atau pecah
akibat benturan.
radiator cap
radiator cap
Titik
didih air adalah 100º Celcius pada tekanan 1 atm. Untuk menaikkan titik
didih air, selain dengan penggunaan coolant juga bisa dilakukan dengan
menaikkan tekanan pada sistem radiator. Besarnya tekanan inilah yang
diatur oleh tutup radiator.
Besarnya
tekanan dalam sistem pendingin di mobil biasanya tertulis di tutup
radiator dengan angka 0,7 atau 0,9 dalam satuan bar. Artinya klep pada
tutup radiator akan terbuka jika tekanan sudah melebihi angka itu dan
air akan mengalir sebagian ke tangki cadangan.
Kerusakan
pada tutup radiator adalah kebocoran akibat karet yang sudah getas atau
pengaturan
Thermostat
Kerusakan : Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi: Servis radiator atau ganti bila perlu.
3. Gejala : Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan : thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi : Ganti thermostat.
4. Gejala : Air radiator selalu berkurang
Kerusakan : Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi : Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.
5. Gejala : Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan : Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi : Ganti tutup radiator.
6. Gejala : Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan : Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi : Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.
7. Gejala : Air radiator keruh dan berwarna coklat.
Kerusakan : Sistem pendingin sudah diserang karat.
Solusi : Cobalah untuk menguras radiator, gunakan radiator flush dan isi kembali dengan coolant yang berkualitas tinggi.
8. Gejala : Kipas mesin tetap berputar kencang, baik saat mesin dingin maupun panas.
Kerusakan : Kopling visco lemah.
Solusi : Servis kopling visco dengan mengganti cairan silikon di dalamnya. Minta bantuan bengkel untuk melakukannya.
9. Gejala : Mesin bertambah panas ketika mobil berjalan lambat atau di tengah kemacetan.
Kerusakan : Kipas elektrik mati bisa jadi kipas rusak atau ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikannya.
Solusi : Ganti kipas elektrik atau motor listrik penggeraknya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN ( cooling system )
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu.
Thermostat
Kerusakan : Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi: Servis radiator atau ganti bila perlu.
3. Gejala : Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan : thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi : Ganti thermostat.
4. Gejala : Air radiator selalu berkurang
Kerusakan : Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi : Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.
5. Gejala : Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan : Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi : Ganti tutup radiator.
6. Gejala : Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan : Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi : Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.
7. Gejala : Air radiator keruh dan berwarna coklat.
Kerusakan : Sistem pendingin sudah diserang karat.
Solusi : Cobalah untuk menguras radiator, gunakan radiator flush dan isi kembali dengan coolant yang berkualitas tinggi.
8. Gejala : Kipas mesin tetap berputar kencang, baik saat mesin dingin maupun panas.
Kerusakan : Kopling visco lemah.
Solusi : Servis kopling visco dengan mengganti cairan silikon di dalamnya. Minta bantuan bengkel untuk melakukannya.
9. Gejala : Mesin bertambah panas ketika mobil berjalan lambat atau di tengah kemacetan.
Kerusakan : Kipas elektrik mati bisa jadi kipas rusak atau ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikannya.
Solusi : Ganti kipas elektrik atau motor listrik penggeraknya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN ( cooling system )
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu. tekanan yang tidak lagi normal. Cirinya adalah jika air di tangki cadangan menjadi penuh dan tidak kembali ke radiator saat mesin dingin.
Heater AC
sistem pendingin mobil ( cooling system)
BAB I
SISTEM PENDINGINAN( COOLING SYSTEM )
Kendaraaan akan mengalami panas akibat
dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas itu
dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang tinggi
atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.
Sitem
pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin
didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air.
Mesin mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...
mempunyai
banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada
di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam
bunyi
Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Bagian-bagian cooling system serta gejala kerusakannya Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Sebenarnya sistem pendinginan mesin
terdiri dari banyak komponen. Namun seringkali hal ini tak disadari oleh
pemilik mobil. Sehingga masalah panas mesin tak bisa diatasi dengan
tuntas. Berikut komponen-komponen yang merupakan bagian dari sistem
pendingin mesin.
Radiator
Bertugas sebagai perantara agar air
panas dapat melepas kalornya ke udara. Dari bahannya, ada tiga jenis
radiator: kuningan, tembaga dan aluminium.
Kelebihan
radiator tembaga dan kuningan adalah kedua bahan ini bisa ditambal atau
diperbaiki jika terjadi kebocoran. Namun kemampuannya melepas panas
tidak sehebat aluminium. Sedangkan radiator aluminium agak sulit
diperbaiki jika bocor. Sekarang hampir semua mobil baru menggunakan
radiator aluminium.
Radiator coolant
Radiator coolant
Air
merupakan zat cair yang terbaik untuk mendinginkan mesin. Namun air
juga memiliki kelemahan seperti titik didih yang rendah dan bisa
menyebabkan korosi.
Makanya
untuk pendinginan mesin, air dicampur dengan coolant agar titik
didihnya bisa lebih tinggi dan tidak membuat korosi. Cairan pendingin
yang merupakan campuran air dan radiator coolant ini perlu diganti
paling tidak setahun sekali.
Kipas radiator ( FAN RADIATOR )
Kipas radiator ( FAN RADIATOR )
Untuk mengalirkan udara melalui
kisi-kisi radiator, khususnya saat mobil berhenti, diperlukan bantuan
kipas pendingin. Ada dua jenis kipas pendingin: yang digerakkan langsung
oleh mesin, dan diputar oleh motor listrik.
Kelebihan
kipas yang digerakkan mesin adalah kemungkinan rusaknya kecil. Tapi
kelemahannya putaran kipas ini rendah saat mesin stasioner dan memberi
beban ekstra kepada mesin, terutama pada putaran tinggi. Padahal pada
kecepatan tinggi radiator sudah cukup mendapat angin dari depan.
Untuk
mengurangi kelemahan ini, kipas mesin dilengkapi dengan kopling visco.
Kopling ini akan mengeras saat radiator sudah mulai panas sehingga
mempercepat putaran kipas. Dan akan melemah jika radiator dingin
sehingga kipas tidak terlalu membebani kerja mesin. Kerusakan pada
kopling visco adalah makin lemah seiring bertambahnya usia.
Sedangkan
kipas elektrik akan berputar cepat meski mesin dalam keadaan stasioner.
Ini sangat menguntungkan saat jalan macet. Namun motor listrik pada
kipas elektrik bisa rusak sehingga mengakibatkan mesin overheat.
Hidup-matinya
kipas elektrik ini diatur oleh thermoswitch yang bekerja dengan
mendeteksi suhu air pendingin. Ketika air sudah mulai panas,
thermoswitch akan memerintahkan kipas untuk hidup, sebaliknya saat air
radiator sudah kembali dingin kipas dimatikan.
Water pump
Untuk mengalirkan air dari radiator ke
blok mesin dan sebaliknya digunakan pompa air yang digerakkan oleh
mesin. Pada mesin kompetisi biasanya digunakan pompa air elektrik agar
tidak membebani mesin.
Kerusakan
pada pompa air umumnya adalah kebocoran pada silnya. Namun bisa juga
kerusakan terjadi pada bilah pompa yang korosi atau berubah bentuk
sehingga mengurangi kemampuannya memompa air.
Upper dan lower hose
Upper dan lower hose
Slang
radiator berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin.
Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas
dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang
sudah didinginkan kembali ke mesin.
Kerusakan
pada slang radiator adalah kebocoran akibat usia. Selain itu bisa juga
karena karet selang sudah lembek sehingga tidak tahan menghadapi tekanan
pada slang atas atau kevakuman pada selang bawah. Jika slang bawah
tidak tahan terhadap kevakuman, maka selang akan kempot dan air tidak
bisa bersirkulasi.
resevoar tank
resevoar tank
Dalam
keadaan panas, tekanan pada sistem pendinginan akan bertambah. Hal ini
mengakibatkan ada air yang harus keluar dari sistem yang akan ditampung
oleh tangki cadangan.
Saat
mesin kembali dingin, tekanan pada sistem pendinginan juga akan kembali
normal sehingga perlu tambahan air yang akan diambil dari tangki
cadangan. Kerusakan pada tangki cadangan adalah kebocoran atau pecah
akibat benturan.
radiator cap
radiator cap
Titik
didih air adalah 100º Celcius pada tekanan 1 atm. Untuk menaikkan titik
didih air, selain dengan penggunaan coolant juga bisa dilakukan dengan
menaikkan tekanan pada sistem radiator. Besarnya tekanan inilah yang
diatur oleh tutup radiator.
Besarnya
tekanan dalam sistem pendingin di mobil biasanya tertulis di tutup
radiator dengan angka 0,7 atau 0,9 dalam satuan bar. Artinya klep pada
tutup radiator akan terbuka jika tekanan sudah melebihi angka itu dan
air akan mengalir sebagian ke tangki cadangan.
Kerusakan
pada tutup radiator adalah kebocoran akibat karet yang sudah getas atau
pengaturan tekanan yang tidak lagi normal. Cirinya adalah jika air di
tangki cadangan menjadi penuh dan tidak kembali ke radiator saat mesin
dingin.
Heater AC
Heater AC
Pada
sebagian mobil, selain pendingin kabin juga dilengkapi pemanas.
Biasanya panasnya heater ini diambil dari air radiator. Kerusakan yang
sering terjadi adalah kebocoran pada slang penghubung blok mesin dan
heater.
water jacket
water jacket
Untuk
mendinginkan mesin, air harus mengalir di dalam blok. Saluran-saluran
tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket. Pada
mesin yang dirancang untuk iklim panas, water jacket ini biasanya
dibuat lebih lebar, sedangkan pada mobil untuk negara dingin lebih
sempit.
Perbedaan
inilah yang sering membuat mobil-mobil Eropa mengalami overheat,
khususnya tahun lawas. Kerusakan pada water jacket biasanya akibat
lapisan karat yang menghalangi efektivitas cairan pendingin menyerap
kalor, sekaligus menghalangi alirannya.
head silinder
head silinder
Selain
melalui water jacket di blok mesin, air juga melalui kepala silinder.
Kerusakan pada kepala silinder adalah kebocoran kompresi yang
mengakibatkan tekanan kompresi menembus air pendingin.
Gejala
kerusakan ini bisa dilihat dari gelembung udara di air pendingin atau
semburan air pada mulut radiator saat tutup dibuka dan mesin hidup.
Kebocoran kompresi ini sering diakibatkan oleh melengkungnya kepala
silinder akibat overheat atau umur mobil.
Thermostat
Suhu kerja mesin biasanya ada sekitar
87º-95º Celcius. Jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak belangsung
sempurna. Sedangkan juka terlalu tinggi, mesin bisa cepat rusak. Yang
bertugas untuk menjaga suhu kerja ini adalah thermostat yang terletak
di mulut saluran air di kepala silinder.
Saat
mesin dingin, thermostat akan menutup saluran ke radiator sehingga
cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin melalui saluran
bypass. Jika mesin sudah mencapai suhu kerja, thermostat akan terbuka
dan air mengalir ke radiator untuk didinginkan.
Banyak
mekanik yang melepas thermostat agar mesin lebih dingin atau mengatasi
overheat. Namun langkah ini punya dampak buruk yaitu suhu mesin jadi
terlalu dingin dan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Thermostat
harus selalu terpasang dan dipastikan bekerja dengan baik.
Oil cooler
Oil cooler
Mobil
bertransmisi otomatis biasanya dilengkapi pendingin oli transmisi yang
juga memanfaatkan cairan pendingin sebagai penyerap kalor. Pada mobil
yang sudah berumur, sering terjadi pendingin oli ini bocor dan membuat
oli tercampur dengan air. Kalau sudah begini, radiator harus diganti.
Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.
1. Gejala : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan : Thermoswitch rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi : Gantilah thermoswitch.
2. Gejala : Mesin panas saat kecepatan tinggi Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.
1. Gejala : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan : Thermoswitch rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi : Gantilah thermoswitch.
Kerusakan : Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi: Servis radiator atau ganti bila perlu.
3. Gejala : Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan : thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi : Ganti thermostat.
4. Gejala : Air radiator selalu berkurang
Kerusakan : Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi : Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.
5. Gejala : Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan : Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi : Ganti tutup radiator.
6. Gejala : Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan : Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi : Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.
7. Gejala : Air radiator keruh dan berwarna coklat.
Kerusakan : Sistem pendingin sudah diserang karat.
Solusi : Cobalah untuk menguras radiator, gunakan radiator flush dan isi kembali dengan coolant yang berkualitas tinggi.
8. Gejala : Kipas mesin tetap berputar kencang, baik saat mesin dingin maupun panas.
Kerusakan : Kopling visco lemah.
Solusi : Servis kopling visco dengan mengganti cairan silikon di dalamnya. Minta bantuan bengkel untuk melakukannya.
9. Gejala : Mesin bertambah panas ketika mobil berjalan lambat atau di tengah kemacetan.
Kerusakan : Kipas elektrik mati bisa jadi kipas rusak atau ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikannya.
Solusi : Ganti kipas elektrik atau motor listrik penggeraknya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN ( cooling system )
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu.
sistem pendingin mobil ( cooling system)
BAB I
SISTEM PENDINGINAN( COOLING SYSTEM )
Kendaraaan akan mengalami panas akibat
dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas itu
dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang tinggi
atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.
Sitem
pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin
didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air.
Mesin mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...
mempunyai
banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada
di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam
bunyi
Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Bagian-bagian cooling system serta gejala kerusakannya Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Sebenarnya sistem pendinginan mesin
terdiri dari banyak komponen. Namun seringkali hal ini tak disadari oleh
pemilik mobil. Sehingga masalah panas mesin tak bisa diatasi dengan
tuntas. Berikut komponen-komponen yang merupakan bagian dari sistem
pendingin mesin.
Radiator
Bertugas sebagai perantara agar air
panas dapat melepas kalornya ke udara. Dari bahannya, ada tiga jenis
radiator: kuningan, tembaga dan aluminium.
Kelebihan
radiator tembaga dan kuningan adalah kedua bahan ini bisa ditambal atau
diperbaiki jika terjadi kebocoran. Namun kemampuannya melepas panas
tidak sehebat aluminium. Sedangkan radiator aluminium agak sulit
diperbaiki jika bocor. Sekarang hampir semua mobil baru menggunakan
radiator aluminium.
Radiator coolant
Radiator coolant
Air
merupakan zat cair yang terbaik untuk mendinginkan mesin. Namun air
juga memiliki kelemahan seperti titik didih yang rendah dan bisa
menyebabkan korosi.
Makanya
untuk pendinginan mesin, air dicampur dengan coolant agar titik
didihnya bisa lebih tinggi dan tidak membuat korosi. Cairan pendingin
yang merupakan campuran air dan radiator coolant ini perlu diganti
paling tidak setahun sekali.
Kipas radiator ( FAN RADIATOR )
Kipas radiator ( FAN RADIATOR )
Untuk mengalirkan udara melalui
kisi-kisi radiator, khususnya saat mobil berhenti, diperlukan bantuan
kipas pendingin. Ada dua jenis kipas pendingin: yang digerakkan langsung
oleh mesin, dan diputar oleh motor listrik.
Kelebihan
kipas yang digerakkan mesin adalah kemungkinan rusaknya kecil. Tapi
kelemahannya putaran kipas ini rendah saat mesin stasioner dan memberi
beban ekstra kepada mesin, terutama pada putaran tinggi. Padahal pada
kecepatan tinggi radiator sudah cukup mendapat angin dari depan.
Untuk
mengurangi kelemahan ini, kipas mesin dilengkapi dengan kopling visco.
Kopling ini akan mengeras saat radiator sudah mulai panas sehingga
mempercepat putaran kipas. Dan akan melemah jika radiator dingin
sehingga kipas tidak terlalu membebani kerja mesin. Kerusakan pada
kopling visco adalah makin lemah seiring bertambahnya usia.
Sedangkan
kipas elektrik akan berputar cepat meski mesin dalam keadaan stasioner.
Ini sangat menguntungkan saat jalan macet. Namun motor listrik pada
kipas elektrik bisa rusak sehingga mengakibatkan mesin overheat.
Hidup-matinya
kipas elektrik ini diatur oleh thermoswitch yang bekerja dengan
mendeteksi suhu air pendingin. Ketika air sudah mulai panas,
thermoswitch akan memerintahkan kipas untuk hidup, sebaliknya saat air
radiator sudah kembali dingin kipas dimatikan.
Water pump
Untuk mengalirkan air dari radiator ke
blok mesin dan sebaliknya digunakan pompa air yang digerakkan oleh
mesin. Pada mesin kompetisi biasanya digunakan pompa air elektrik agar
tidak membebani mesin.
Kerusakan
pada pompa air umumnya adalah kebocoran pada silnya. Namun bisa juga
kerusakan terjadi pada bilah pompa yang korosi atau berubah bentuk
sehingga mengurangi kemampuannya memompa air.
Upper dan lower hose
Upper dan lower hose
Slang
radiator berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin.
Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas
dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang
sudah didinginkan kembali ke mesin.
Kerusakan
pada slang radiator adalah kebocoran akibat usia. Selain itu bisa juga
karena karet selang sudah lembek sehingga tidak tahan menghadapi tekanan
pada slang atas atau kevakuman pada selang bawah. Jika slang bawah
tidak tahan terhadap kevakuman, maka selang akan kempot dan air tidak
bisa bersirkulasi.
resevoar tank
resevoar tank
Dalam
keadaan panas, tekanan pada sistem pendinginan akan bertambah. Hal ini
mengakibatkan ada air yang harus keluar dari sistem yang akan ditampung
oleh tangki cadangan.
Saat
mesin kembali dingin, tekanan pada sistem pendinginan juga akan kembali
normal sehingga perlu tambahan air yang akan diambil dari tangki
cadangan. Kerusakan pada tangki cadangan adalah kebocoran atau pecah
akibat benturan.
radiator cap
radiator cap
Titik
didih air adalah 100º Celcius pada tekanan 1 atm. Untuk menaikkan titik
didih air, selain dengan penggunaan coolant juga bisa dilakukan dengan
menaikkan tekanan pada sistem radiator. Besarnya tekanan inilah yang
diatur oleh tutup radiator.
Besarnya
tekanan dalam sistem pendingin di mobil biasanya tertulis di tutup
radiator dengan angka 0,7 atau 0,9 dalam satuan bar. Artinya klep pada
tutup radiator akan terbuka jika tekanan sudah melebihi angka itu dan
air akan mengalir sebagian ke tangki cadangan.
Kerusakan
pada tutup radiator adalah kebocoran akibat karet yang sudah getas atau
pengaturan tekanan yang tidak lagi normal. Cirinya adalah jika air di
tangki cadangan menjadi penuh dan tidak kembali ke radiator saat mesin
dingin.
Heater AC
Heater AC
Pada
sebagian mobil, selain pendingin kabin juga dilengkapi pemanas.
Biasanya panasnya heater ini diambil dari air radiator. Kerusakan yang
sering terjadi adalah kebocoran pada slang penghubung blok mesin dan
heater.
water jacket
water jacket
Untuk
mendinginkan mesin, air harus mengalir di dalam blok. Saluran-saluran
tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket. Pada
mesin yang dirancang untuk iklim panas, water jacket ini biasanya
dibuat lebih lebar, sedangkan pada mobil untuk negara dingin lebih
sempit.
Perbedaan
inilah yang sering membuat mobil-mobil Eropa mengalami overheat,
khususnya tahun lawas. Kerusakan pada water jacket biasanya akibat
lapisan karat yang menghalangi efektivitas cairan pendingin menyerap
kalor, sekaligus menghalangi alirannya.
head silinder
head silinder
Selain
melalui water jacket di blok mesin, air juga melalui kepala silinder.
Kerusakan pada kepala silinder adalah kebocoran kompresi yang
mengakibatkan tekanan kompresi menembus air pendingin.
Gejala
kerusakan ini bisa dilihat dari gelembung udara di air pendingin atau
semburan air pada mulut radiator saat tutup dibuka dan mesin hidup.
Kebocoran kompresi ini sering diakibatkan oleh melengkungnya kepala
silinder akibat overheat atau umur mobil.
Thermostat
Suhu kerja mesin biasanya ada sekitar
87º-95º Celcius. Jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak belangsung
sempurna. Sedangkan juka terlalu tinggi, mesin bisa cepat rusak. Yang
bertugas untuk menjaga suhu kerja ini adalah thermostat yang terletak
di mulut saluran air di kepala silinder.
Saat
mesin dingin, thermostat akan menutup saluran ke radiator sehingga
cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin melalui saluran
bypass. Jika mesin sudah mencapai suhu kerja, thermostat akan terbuka
dan air mengalir ke radiator untuk didinginkan.
Banyak
mekanik yang melepas thermostat agar mesin lebih dingin atau mengatasi
overheat. Namun langkah ini punya dampak buruk yaitu suhu mesin jadi
terlalu dingin dan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Thermostat
harus selalu terpasang dan dipastikan bekerja dengan baik.
Oil cooler
Oil cooler
Mobil
bertransmisi otomatis biasanya dilengkapi pendingin oli transmisi yang
juga memanfaatkan cairan pendingin sebagai penyerap kalor. Pada mobil
yang sudah berumur, sering terjadi pendingin oli ini bocor dan membuat
oli tercampur dengan air. Kalau sudah begini, radiator harus diganti.
Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.
1. Gejala : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan : Thermoswitch rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi : Gantilah thermoswitch.
2. Gejala : Mesin panas saat kecepatan tinggi Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.
1. Gejala : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan : Thermoswitch rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi : Gantilah thermoswitch.
Kerusakan : Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi: Servis radiator atau ganti bila perlu.
3. Gejala : Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan : thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi : Ganti thermostat.
4. Gejala : Air radiator selalu berkurang
Kerusakan : Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi : Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.
5. Gejala : Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan : Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi : Ganti tutup radiator.
6. Gejala : Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan : Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi : Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.
7. Gejala : Air radiator keruh dan berwarna coklat.
Kerusakan : Sistem pendingin sudah diserang karat.
Solusi : Cobalah untuk menguras radiator, gunakan radiator flush dan isi kembali dengan coolant yang berkualitas tinggi.
8. Gejala : Kipas mesin tetap berputar kencang, baik saat mesin dingin maupun panas.
Kerusakan : Kopling visco lemah.
Solusi : Servis kopling visco dengan mengganti cairan silikon di dalamnya. Minta bantuan bengkel untuk melakukannya.
9. Gejala : Mesin bertambah panas ketika mobil berjalan lambat atau di tengah kemacetan.
Kerusakan : Kipas elektrik mati bisa jadi kipas rusak atau ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikannya.
Solusi : Ganti kipas elektrik atau motor listrik penggeraknya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN ( cooling system )
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu. tekanan yang tidak lagi normal. Cirinya adalah jika air di tangki cadangan menjadi penuh dan tidak kembali ke radiator saat mesin dingin.
Heater AC
Pada
sebagian mobil, selain pendingin kabin juga dilengkapi pemanas.
Biasanya panasnya heater ini diambil dari air radiator. Kerusakan yang
sering terjadi adalah kebocoran pada slang penghubung blok mesin dan
heater.
water jacket
water jacket
Untuk
mendinginkan mesin, air harus mengalir di dalam blok. Saluran-saluran
tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket. Pada
mesin yang dirancang untuk iklim panas, water jacket ini biasanya
dibuat lebih lebar, sedangkan pada mobil untuk negara dingin lebih
sempit.
Perbedaan
inilah yang sering membuat mobil-mobil Eropa mengalami overheat,
khususnya tahun lawas. Kerusakan pada water jacket biasanya akibat
lapisan karat yang menghalangi efektivitas cairan pendingin menyerap
kalor, sekaligus menghalangi alirannya.
head silinder
head silinder
Selain
melalui water jacket di blok mesin, air juga melalui kepala silinder.
Kerusakan pada kepala silinder adalah kebocoran kompresi yang
mengakibatkan tekanan kompresi menembus air pendingin.
Gejala
kerusakan ini bisa dilihat dari gelembung udara di air pendingin atau
semburan air pada mulut radiator saat tutup dibuka dan mesin hidup.
Kebocoran kompresi ini sering diakibatkan oleh melengkungnya kepala
silinder akibat overheat atau umur mobil.
Thermostat
Suhu kerja mesin biasanya ada sekitar
87º-95º Celcius. Jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak belangsung
sempurna. Sedangkan juka terlalu tinggi, mesin bisa cepat rusak. Yang
bertugas untuk menjaga suhu kerja ini adalah thermostat yang terletak
di mulut saluran air di kepala silinder.
Saat
mesin dingin, thermostat akan menutup saluran ke radiator sehingga
cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin melalui saluran
bypass. Jika mesin sudah mencapai suhu kerja, thermostat akan terbuka
dan air mengalir ke radiator untuk didinginkan.
Banyak
mekanik yang melepas thermostat agar mesin lebih dingin atau mengatasi
overheat. Namun langkah ini punya dampak buruk yaitu suhu mesin jadi
terlalu dingin dan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Thermostat
harus selalu terpasang dan dipastikan bekerja dengan baik.
Oil cooler
Oil cooler
Mobil
bertransmisi otomatis biasanya dilengkapi pendingin oli transmisi yang
juga memanfaatkan cairan pendingin sebagai penyerap kalor. Pada mobil
yang sudah berumur, sering terjadi pendingin oli ini bocor dan membuat
oli tercampur dengan air. Kalau sudah begini, radiator harus diganti.
Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.
1. Gejala : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan : Thermoswitch rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi : Gantilah thermoswitch.
2. Gejala : Mesin panas saat kecepatan tinggi Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.
1. Gejala : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan : Thermoswitch rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi : Gantilah thermoswitch.
Kerusakan : Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi: Servis radiator atau ganti bila perlu.
3. Gejala : Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan : thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi : Ganti thermostat.
4. Gejala : Air radiator selalu berkurang
Kerusakan : Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi : Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.
5. Gejala : Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan : Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi : Ganti tutup radiator.
6. Gejala : Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan : Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi : Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.
7. Gejala : Air radiator keruh dan berwarna coklat.
Kerusakan : Sistem pendingin sudah diserang karat.
Solusi : Cobalah untuk menguras radiator, gunakan radiator flush dan isi kembali dengan coolant yang berkualitas tinggi.
8. Gejala : Kipas mesin tetap berputar kencang, baik saat mesin dingin maupun panas.
Kerusakan : Kopling visco lemah.
Solusi : Servis kopling visco dengan mengganti cairan silikon di dalamnya. Minta bantuan bengkel untuk melakukannya.
9. Gejala : Mesin bertambah panas ketika mobil berjalan lambat atau di tengah kemacetan.
Kerusakan : Kipas elektrik mati bisa jadi kipas rusak atau ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikannya.
Solusi : Ganti kipas elektrik atau motor listrik penggeraknya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN ( cooling system )
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu.
Apa itu Sistem Pendingin?
Sebuah
kendaraan 4/3 silinder jelajah yang khas di sepanjang jalan raya
sekitar 50 mil per jam, akan menghasilkan ledakan dikontrol 4000 per
menit di dalam mesin seperti busi membakar bahan bakar dalam silinder
masing-masing untuk menggerakkan kendaraan di jalan. Jelas, ledakan ini
menghasilkan sejumlah besar panas dan, jika tidak dikendalikan, akan
merusak mesin dalam hitungan menit. Mengontrol suhu tinggi adalah tugas
dari sistem pendingin.
Sistem
pendingin modern tidak banyak berubah dari sistem pendingin di belakang
model T di '20s. Oh, tentu, telah menjadi jauh lebih handal dan
efisien dalam melakukan pekerjaan itu, namun sistem pendingin dasar
masih terdiri dari cairan pendingin yang beredar melalui mesin, lalu
keluar ke radiator untuk didinginkan oleh aliran udara yang datang
melalui grill depan dari kendaraan.
Sistem
pendingin saat ini harus mempertahankan mesin pada suhu konstan apakah
suhu udara luar adalah 110 derajat Fahrenheit atau 10 di bawah nol.
Jika suhu mesin terlalu rendah, ekonomi bahan bakar akan menderita dan
emisi akan meningkat. Jika suhu diperbolehkan untuk terlalu panas
terlalu lama, mesin akan merusak diri sendiri.
Bagaimana Kerja Sistem Pendingin?
Sebenarnya,
ada dua jenis sistem pendingin ditemukan pada kendaraan bermotor: Cair
didinginkan udara. Mesin pendingin udara yang ditemukan pada beberapa
mobil tua, seperti Volkswagen Beetle asli, Corvair Chevrolet dan
beberapa lainnya. Sepeda motor modern masih menggunakan pendingin
udara, tetapi untuk sebagian besar, mobil dan truk menggunakan sistem
liquid cooled dan itulah yang artikel ini akan berkonsentrasi
membahasnya.
Sistem pendingin
terdiri dari bagian-bagian di dalam blok mesin dan kepala, pompa air
untuk mengedarkan pendingin, termostat untuk mengendalikan suhu
pendingin, radiator untuk mendinginkan pendingin, sebuah tutup radiator
untuk mengontrol tekanan dalam sistem, dan beberapa pipa yang terdiri
dari selang interkoneksi untuk mentransfer pendingin dari mesin ke
radiator dan juga untuk sistem pemanas pendingin mobil, mana panas
digunakan untuk pemanasan interior kendaraan di cuaca yang dingin.
Sebuah
sistem pendingin bekerja dengan mengirimkan pendingin cairan melalui
bagian dalam blok mesin dan kepala. Sebagai pendingin mengalir melalui
bagian ini, itu mengambil panas dari mesin. Cairan dipanaskan kemudian
membuat jalan melalui selang karet untuk radiator di depan mobil.
Seperti mengalir melalui tabung tipis di radiator, cairan panas
didinginkan oleh aliran udara yang masuk ke kompartemen mesin dari
panggangan di depan mobil. Setelah cairan didinginkan, ia kembali ke
mesin untuk menyerap panas lebih banyak. Pompa air memiliki tugas
menjaga fluida bergerak melalui sistem pipa dan bagian-bagian
tersembunyi.
Termostat
adalah ditempatkan di antara mesin dan radiator untuk memastikan bahwa
pendingin tetap di atas suhu yang telah ditetapkan tertentu. Jika
suhu pendingin turun di bawah suhu ini, termostat blok aliran pendingin
ke radiator, memaksa cairan bukan melalui memotong langsung kembali ke
mesin. Pendingin akan terus beredar seperti ini sampai mencapai suhu
desain, di mana titik, termostat akan membuka katup dan membiarkan
pendingin kembali melalui radiator.
Dalam
rangka untuk mencegah pendingin dari mendidih, sistem pendingin ini
dirancang untuk menjadi bertekanan. Di bawah tekanan, titik didih
pendingin dinaikkan jauh. Namun, terlalu banyak tekanan akan
menyebabkan selang dan bagian lain untuk meledak, sehingga sistem
diperlukan untuk mengurangi tekanan jika melebihi titik tertentu.
Tugas mempertahankan tekanan dalam sistem pendingin milik tutup
radiator. Tutup dirancang untuk melepaskan tekanan jika mencapai batas
atas ditentukan bahwa sistem dirancang untuk menangani. Sebelum tahun
70-an, tutup akan rilis ini tekanan ekstra ke trotoar. Sejak itu,
sistem ditambahkan untuk menangkap cairan dirilis dan menyimpannya
sementara dalam tangki cadangan. Cairan ini kemudian akan kembali ke
sistem pendingin setelah mesin dingin. Ini adalah apa yang disebut
sistem pendingin tertutup.
Sirkulasi
Pendingin mengikuti jalur yang mengambil dari pompa air, melalui saluran di dalam blok mesin di mana ia mengumpulkan panas yang dihasilkan oleh silinder. Ini kemudian mengalir sampai ke kepala silinder (atau kepala dalam mesin tipe V) di mana ia mengumpulkan lebih banyak panas dari ruang pembakaran. Hal ini kemudian mengalir keluar melewati thermostat (jika thermostat dibuka untuk memungkinkan cairan untuk lulus), melalui selang radiator atas dan ke radiator. Pendingin mengalir melalui tabung diratakan tipis yang membentuk inti dari radiator dan didinginkan oleh aliran udara melalui radiator. Dari sana, mengalir keluar dari radiator, melalui selang radiator bawah dan kembali ke pompa air. Pada saat ini, pendingin didinginkan off dan siap untuk mengumpulkan lebih banyak panas dari mesin.
Pendingin mengikuti jalur yang mengambil dari pompa air, melalui saluran di dalam blok mesin di mana ia mengumpulkan panas yang dihasilkan oleh silinder. Ini kemudian mengalir sampai ke kepala silinder (atau kepala dalam mesin tipe V) di mana ia mengumpulkan lebih banyak panas dari ruang pembakaran. Hal ini kemudian mengalir keluar melewati thermostat (jika thermostat dibuka untuk memungkinkan cairan untuk lulus), melalui selang radiator atas dan ke radiator. Pendingin mengalir melalui tabung diratakan tipis yang membentuk inti dari radiator dan didinginkan oleh aliran udara melalui radiator. Dari sana, mengalir keluar dari radiator, melalui selang radiator bawah dan kembali ke pompa air. Pada saat ini, pendingin didinginkan off dan siap untuk mengumpulkan lebih banyak panas dari mesin.
Kapasitas
dari sistem ini adalah rekayasa untuk jenis dan ukuran dari mesin dan
beban kerja yang diharapkan untuk menjalani. Jelas, sistem pendingin
untuk mesin, V8 yang lebih besar lebih kuat dalam kendaraan berat akan
membutuhkan kapasitas jauh lebih kemudian sebuah mobil kompak dengan
mesin 4 silinder kecil. Pada kendaraan besar, radiator lebih besar
dengan tabung lebih banyak untuk pendingin mengalir melalui. Radiator
juga lebih luas dan lebih tinggi untuk menangkap aliran udara yang lebih
masuk kendaraan dari panggangan di depan.
Antibeku
Pendingin bahwa program melalui mesin dan pipa yang terkait harus mampu menahan suhu di bawah nol tanpa titik beku. Hal ini juga harus mampu menangani temperatur mesin lebih dari 250 derajat tanpa mendidih. Sebuah tinggi untuk cairan apapun, tapi itu tidak semua. Cairan tersebut juga harus memuat inhibiters karat dan pelumas.
Pendingin bahwa program melalui mesin dan pipa yang terkait harus mampu menahan suhu di bawah nol tanpa titik beku. Hal ini juga harus mampu menangani temperatur mesin lebih dari 250 derajat tanpa mendidih. Sebuah tinggi untuk cairan apapun, tapi itu tidak semua. Cairan tersebut juga harus memuat inhibiters karat dan pelumas.
Pendingin
dalam kendaraan saat ini adalah campuran dari etilena glikol (antibeku)
dan air. Rasio yang disarankan adalah fifty-fifty. Dengan kata lain,
satu bagian antibeku dan satu bagian air. Ini adalah minimum yang
direkomendasikan untuk digunakan dalam mesin mobil. Antibeku kurang dan
titik didih akan terlalu rendah. Dalam iklim tertentu di mana suhu
bisa di bawah nol, maka dibolehkan untuk memiliki sebanyak 75 antibeku%
dan air 25%, tetapi tidak lebih dari itu. Antibeku murni tidak akan
bekerja dengan baik dan dapat menyebabkan mendidih di atas.
Antibeku
beracun dan harus dijauhkan dari orang-orang dan hewan, terutama anjing
dan kucing, yang tertarik dengan rasa manis. Glikol Etilena, jika
tertelan, akan membentuk kristal kalsium oksalat di ginjal yang dapat
menyebabkan gagal ginjal akut dan kematian.
Komponen-komponen Sistem Pendingin
- Radiator
- Radiator Cooling Fans
- Tekanan Tank Cap & Cadangan
- Pompa air
- Termostat
- Sistem Bypass
- Freeze Plug
- Kepala Gasket Paking Intake Manifold
- Heater Inti
- Selang
Radiator
Inti radiator biasanya terbuat dari tabung aluminium diratakan dengan strip aluminium yang zigzag antara tabung. Sirip-sirip transfer panas dalam tabung ke dalam aliran udara untuk dibawa pergi dari kendaraan. Pada setiap akhir inti radiator tangki, biasanya terbuat dari plastik yang menutupi ujung radiator,
Inti radiator biasanya terbuat dari tabung aluminium diratakan dengan strip aluminium yang zigzag antara tabung. Sirip-sirip transfer panas dalam tabung ke dalam aliran udara untuk dibawa pergi dari kendaraan. Pada setiap akhir inti radiator tangki, biasanya terbuat dari plastik yang menutupi ujung radiator,
Pada
radiator paling modern, tabung dijalankan horizontal dengan tangki
plastik di kedua sisi. Pada mobil lain, tabung dijalankan secara
vertikal dengan tangki di bagian atas dan bawah. Pada kendaraan yang
lebih tua, inti terbuat dari tembaga dan tank-tank itu kuningan. Sistem
aluminium-plastik baru jauh lebih efisien, belum lagi murah untuk
diproduksi. Pada akhir radiator dengan topi plastik, ada gasket antara
inti aluminium dan tank plastik untuk menutup sistem dan menjaga
cairan dari bocor keluar. Pada radiator tembaga dan kuningan lebih
tua, tank-tank itu dibrazing (bentuk las) dalam rangka untuk menutup
radiator.
Tank-tank,
apakah plastik atau kuningan, masing-masing memiliki sambungan selang
yang besar, satu dipasang ke arah atas radiator untuk membiarkan
pendingin dalam, dipasang lain di bagian bawah radiator pada tangki
yang lain untuk membiarkan pendingin kembali. Di atas radiator
pembukaan tambahan yang capped off oleh tutup radiator. Lebih lanjut
tentang ini nanti.
Komponen lain
dalam radiator untuk kendaraan dengan transmisi otomatis adalah tangki
terpisah dipasang di dalam salah satu tangki. Kelengkapan
menghubungkan tangki batin melalui tabung baja untuk transmisi otomatis.
Cairan transmisi disalurkan melalui tangki ini di dalam tangki harus
didinginkan oleh pendingin mengalir melewatinya sebelum mengembalikan
transmisi.
Radiator Fans
Dipasang di belakang radiator pada sisi paling dekat ke mesin adalah satu atau dua kipas listrik di dalam perumahan yang dirancang untuk melindungi jari-jari dan untuk mengarahkan aliran udara. Ini fans yang ada untuk menjaga aliran udara melalui radiator saat kendaraan akan lambat atau berhenti dengan mesin menyala. Jika ini fans berhenti bekerja, setiap kali Anda berhenti, suhu mesin akan mulai naik. Pada sistem lama, kipas terhubung ke depan pompa air dan akan berputar setiap kali mesin itu berjalan karena digerakkan oleh sabuk kipas bukan sebuah motor listrik. Dalam kasus ini, jika driver akan melihat mesin mulai berjalan panas di berhenti dan pergi mengemudi, pengemudi mungkin menempatkan mobil di netral dan putaran mesin untuk menghidupkan kipas angin cepat yang membantu mendinginkan mesin. Racing mesin pada mobil dengan kipas listrik rusak hanya akan membuat hal-hal buruk karena Anda memproduksi lebih panas di radiator tanpa kipas untuk mendinginkan it off.
Dipasang di belakang radiator pada sisi paling dekat ke mesin adalah satu atau dua kipas listrik di dalam perumahan yang dirancang untuk melindungi jari-jari dan untuk mengarahkan aliran udara. Ini fans yang ada untuk menjaga aliran udara melalui radiator saat kendaraan akan lambat atau berhenti dengan mesin menyala. Jika ini fans berhenti bekerja, setiap kali Anda berhenti, suhu mesin akan mulai naik. Pada sistem lama, kipas terhubung ke depan pompa air dan akan berputar setiap kali mesin itu berjalan karena digerakkan oleh sabuk kipas bukan sebuah motor listrik. Dalam kasus ini, jika driver akan melihat mesin mulai berjalan panas di berhenti dan pergi mengemudi, pengemudi mungkin menempatkan mobil di netral dan putaran mesin untuk menghidupkan kipas angin cepat yang membantu mendinginkan mesin. Racing mesin pada mobil dengan kipas listrik rusak hanya akan membuat hal-hal buruk karena Anda memproduksi lebih panas di radiator tanpa kipas untuk mendinginkan it off.
Para
penggemar listrik dikendalikan oleh komputer kendaraan. Sebuah sensor
suhu memonitor suhu mesin dan mengirimkan informasi ini ke komputer.
Komputer menentukan apakah kipas harus diaktifkan dan menggerakkan
relay kipas jika aliran udara tambahan melalui radiator diperlukan.
Jika
mobil memiliki AC, ada radiator tambahan dipasang di depan radiator
yang normal. Ini "radiator" disebut kondensor AC, yang juga perlu
didinginkan oleh aliran udara yang masuk ke kompartemen mesin. Anda
dapat mengetahui lebih lanjut tentang kondensor AC dengan pergi ke
artikel kami di >penyejuk udara Otomotif Selama AC dihidupkan,
sistem akan tetap kipas berjalan, bahkan jika mesin tidak berjalan
panas. Hal ini karena jika tidak ada aliran udara melalui kondensor
AC, pendingin udara tidak akan mampu untuk mendinginkan udara yang
masuk interior.
Tekanan topi dan cadangan tangki
Sebagai pendingin menjadi panas, mengembang. Karena sistem pendingin tertutup, ekspansi ini menyebabkan peningkatan tekanan dalam sistem pendingin, yang normal dan bagian dari desain. Ketika pendingin berada di bawah tekanan, suhu di mana cairan mulai mendidih jauh lebih tinggi. Tekanan ini, ditambah dengan titik didih lebih tinggi dari etilena glikol, memungkinkan pendingin untuk mencapai suhu aman lebih dari 250 derajat.
Sebagai pendingin menjadi panas, mengembang. Karena sistem pendingin tertutup, ekspansi ini menyebabkan peningkatan tekanan dalam sistem pendingin, yang normal dan bagian dari desain. Ketika pendingin berada di bawah tekanan, suhu di mana cairan mulai mendidih jauh lebih tinggi. Tekanan ini, ditambah dengan titik didih lebih tinggi dari etilena glikol, memungkinkan pendingin untuk mencapai suhu aman lebih dari 250 derajat.
Tutup tekanan radiator
adalah perangkat sederhana yang akan mempertahankan tekanan dalam
sistem pendinginan sampai titik tertentu. Jika tekanan menumpuk lebih
tinggi dari titik tekanan yang ditetapkan, ada katup pegas dimuat,
dikalibrasi dengan benar Pounds per inci persegi (psi), untuk
melepaskan tekanan.
Ketika tekanan sistem pendingin mencapai titik di mana topi perlu
rilis ini tekanan berlebih, sejumlah kecil pendingin berdarah off. Ini
bisa terjadi selama berhenti dan pergi lalu lintas di hari yang sangat
panas, atau jika sistem pendingin yang rusak. Jika tidak melepaskan
tekanan pada kondisi ini, ada sistem di tempat untuk menangkap
pendingin dirilis dan menyimpannya dalam tangki plastik yang biasanya
tidak bertekanan. Karena sekarang ada pendingin kurang dalam sistem,
sebagai mesin dingin vakum parsial terbentuk. Tutup radiator pada
sistem tertutup ini memiliki katup sekunder untuk memungkinkan vakum
dalam sistem pendingin pendingin untuk menarik kembali ke radiator dari
tangki cadangan (seperti menarik plunger kembali jarum suntik)
Biasanya ada tanda-tanda di sisi tangki plastik ditandai
Kendali-Dingin, dan Full Hot. Ketika mesin pada suhu operasi normal,
pendingin dalam tangki cadangan tembus harus sampai ke garis
Kendali-Hot. Setelah mesin telah duduk selama beberapa jam dan dingin
untuk menyentuh, pendingin harus di garis Kendali-Dingin.
Pompa air
Sebuah pompa air adalah perangkat sederhana yang akan membuat pendingin bergerak selama mesin berjalan. Hal ini biasanya dipasang di bagian depan mesin dan ternyata setiap kali mesin berjalan. Pompa air yang digerakkan oleh mesin melalui salah satu dari berikut:
Sebuah pompa air adalah perangkat sederhana yang akan membuat pendingin bergerak selama mesin berjalan. Hal ini biasanya dipasang di bagian depan mesin dan ternyata setiap kali mesin berjalan. Pompa air yang digerakkan oleh mesin melalui salah satu dari berikut:
- Sebuah sabuk kipas yang juga akan bertanggung jawab untuk mengemudi komponen tambahan seperti alternator atau pompa power steering
- Sebuah sabuk ular, yang juga drive alternator, daya pompa steering dan kompresor AC antara lain.
- Timing belt yang juga bertanggung jawab untuk mengemudi satu atau lebih camshafts.
Pompa air terdiri dari perumahan,
biasanya terbuat dari besi cor atau aluminium cor dan impeller
dipasang pada poros berputar dengan katrol poros melekat pada bagian
luar tubuh pompa. Sebuah segel menjaga cairan dari bocor keluar dari
perumahan melewati poros pompa berputar. Impeller menggunakan gaya
sentrifugal untuk menarik pendingin dalam radiator dari selang bawah
dan mengirimkannya bawah tekanan ke dalam blok mesin. Ada gasket
untuk menutup pompa air ke blok mesin dan mencegah pendingin mengalir
dari bocor keluar mana pompa terpasang untuk memblokir ..
Termostat
Thermostat hanyalah sebuah katup yang mengukur suhu pendingin dan, jika itu cukup panas, terbuka untuk memungkinkan pendingin mengalir melalui radiator. Jika pendingin tidak cukup panas, aliran ke radiator diblokir dan cairan diarahkan ke sistem bypass yang memungkinkan pendingin untuk kembali langsung kembali ke mesin. Sistem pendingin memotong memungkinkan untuk terus bergerak melalui mesin untuk menyeimbangkan suhu dan menghindari hot spot. Karena mengalir ke radiator diblokir, mesin akan mencapai suhu operasi lebih cepat dan, di hari yang dingin, akan memungkinkan pemanas untuk mulai memasok udara panas ke pedalaman lebih cepat.
Thermostat hanyalah sebuah katup yang mengukur suhu pendingin dan, jika itu cukup panas, terbuka untuk memungkinkan pendingin mengalir melalui radiator. Jika pendingin tidak cukup panas, aliran ke radiator diblokir dan cairan diarahkan ke sistem bypass yang memungkinkan pendingin untuk kembali langsung kembali ke mesin. Sistem pendingin memotong memungkinkan untuk terus bergerak melalui mesin untuk menyeimbangkan suhu dan menghindari hot spot. Karena mengalir ke radiator diblokir, mesin akan mencapai suhu operasi lebih cepat dan, di hari yang dingin, akan memungkinkan pemanas untuk mulai memasok udara panas ke pedalaman lebih cepat.
Sejak tahun 1970, termostat telah dikalibrasi untuk menjaga suhu
pendingin di atas 192-195 derajat. Sebelum itu, 180 derajat termostat
adalah norma. Ditemukan bahwa jika mesin yang diperbolehkan untuk
berjalan pada suhu panas, emisi berkurang, uap air kondensasi di dalam
mesin cepat dibakar memperpanjang umur mesin, dan pembakaran yang lebih
lengkap yang meningkatkan ekonomi bahan bakar.
Inti
dari termostat adalah secangkir tembaga disegel yang berisi lilin dan
pelet logam. Sebagai termostat memanas, lilin panas mengembang,
mendorong piston terhadap tekanan pegas untuk membuka katup dan
membiarkan pendingin beredar.
Thermostat
biasanya terletak di bagian, bagian atas depan mesin di perumahan
outlet air yang juga berfungsi sebagai titik koneksi untuk selang
radiator atas. Perumahan termostat menempel pada mesin, biasanya dengan
dua baut dan gasket untuk menutup melawan kebocoran. Paking biasanya
terbuat dari kertas tebal atau karet cincin O digunakan. Dalam beberapa
aplikasi, tidak ada gasket atau seal karet. Sebaliknya, manik-manik
tipis silikon sealer khusus diperas dari tabung untuk membentuk segel.
Ada
keyakinan keliru oleh sebagian orang bahwa jika mereka menghilangkan
thermostat, mereka akan mampu memecahkan sulit untuk menemukan masalah
overheating. Ini tidak bisa lebih jauh dari kebenaran. Menghapus
termostat akan memungkinkan sirkulasi pendingin tidak terkendali dari
seluruh sistem. Hal ini dimungkinkan untuk pendingin untuk bergerak
begitu cepat, bahwa itu tidak akan benar didinginkan karena ras melalui
radiator, sehingga mesin dapat berjalan lebih panas dari sebelumnya
dalam kondisi tertentu. Lain kali, mesin tidak akan pernah mencapai
suhu operasi. Pada kendaraan yang dikendalikan komputer, komputer
monitor suhu mesin dan mengatur penggunaan bahan bakar berdasarkan suhu
tersebut. Jika mesin tidak pernah mencapai suhu operasi, ekonomi bahan
bakar dan kinerja akan menderita jauh.
Sistem Bypass
Ini adalah bagian yang memungkinkan pendingin untuk memotong radiator dan kembali langsung kembali ke mesin. Beberapa mesin menggunakan selang karet, atau tabung baja tetap. Di mesin lain, ada cast dalam bagian dibangun ke dalam pompa air atau depan perumahan. Dalam kasus apapun, ketika termostat tertutup, pendingin diarahkan untuk melewati ini dan disalurkan kembali ke pompa air, yang mengirimkan pendingin kembali ke mesin tanpa didinginkan oleh radiator.
Ini adalah bagian yang memungkinkan pendingin untuk memotong radiator dan kembali langsung kembali ke mesin. Beberapa mesin menggunakan selang karet, atau tabung baja tetap. Di mesin lain, ada cast dalam bagian dibangun ke dalam pompa air atau depan perumahan. Dalam kasus apapun, ketika termostat tertutup, pendingin diarahkan untuk melewati ini dan disalurkan kembali ke pompa air, yang mengirimkan pendingin kembali ke mesin tanpa didinginkan oleh radiator.
Freeze Plug
Ketika sebuah blok mesin diproduksi, pasir khusus dibentuk untuk bentuk bagian pendingin di blok mesin. Ini patung pasir diposisikan di dalam cetakan dan besi atau aluminium cair dituang untuk membentuk blok mesin. Ketika casting didinginkan, pasir dilepas dan dikeluarkan melalui lubang di blok mesin pengecoran meninggalkan bagian-bagian yang pendingin mengalir melalui. Jelas, jika kita tidak menyumbat lubang ini, pendingin akan mencurahkan langsung keluar.
Ketika sebuah blok mesin diproduksi, pasir khusus dibentuk untuk bentuk bagian pendingin di blok mesin. Ini patung pasir diposisikan di dalam cetakan dan besi atau aluminium cair dituang untuk membentuk blok mesin. Ketika casting didinginkan, pasir dilepas dan dikeluarkan melalui lubang di blok mesin pengecoran meninggalkan bagian-bagian yang pendingin mengalir melalui. Jelas, jika kita tidak menyumbat lubang ini, pendingin akan mencurahkan langsung keluar.
Memasukkan lubang ini adalah tugas dari plug-beku keluar. Ini plugs
adalah baja cakram atau cangkir yang tekan masuk dalam lubang di sisi
blok mesin dan biasanya terakhir kehidupan dari mesin tanpa masalah.
Tapi ada alasan mereka disebut beku-out plugs. Pada hari-hari awal,
banyak orang menggunakan air biasa dalam mesin mereka, biasanya setelah
mengganti selang pendingin pecah atau memperbaiki sistem lainnya.
"Ini adalah musim panas dan saya akan menggantikan air dengan antibeku
ketika cuaca mulai berubah".
Tak
perlu dikatakan, orang yang pelupa dan banyak motor mengalami nasib
pembekuan air di dalam blok. Sering kali, ketika ini terjadi tekanan
dari pembekuan air dan memperluas memaksa beku-keluar colokan untuk pop
keluar, menghilangkan tekanan dan menyimpan blok mesin dari cracking.
(Meskipun, seperti yang sering mesin retak pula). Alasan lain untuk
colokan untuk gagal adalah fakta bahwa mereka terbuat dari baja dan
akan dengan mudah karat melalui jika pemilik kendaraan ceroboh tentang
menjaga sistem pendingin. Inhibitor karat antibeku telah di rumus
untuk mencegah hal ini terjadi, tapi bahan kimia tersebut akan
kehilangan efeknya setelah 3 tahun, yang mengapa antibeku perlu diubah
secara berkala. Kenyataan bahwa sebagian orang meninggalkan air biasa
dalam mesin mereka sangat mempercepat karat ini busi membeku.
Ketika
plug beku menjadi begitu berkarat itu perforates, Anda memiliki
kebocoran pendingin yang harus diperbaiki dengan mengganti steker keluar
membekukan berkarat dengan yang baru. Pekerjaan ini berkisar dari
cukup mudah untuk sangat sulit tergantung pada lokasi dari plug beku
terpengaruh. Freeze plugs terletak di sisi mesin, biasanya 3 atau 4 per
sisi. Ada juga membekukan colokan di belakang mesin pada beberapa
model dan juga pada kepala.
Selama Anda baik tentang menjaga sistem pendingin, Anda tak perlu khawatir tentang ini colokan gagal pada kendaraan modern
Kepala Paking Gasket Intake Manifold
Semua mesin pembakaran internal memiliki blok mesin dan satu atau dua kepala silinder. Permukaan kawin dimana blok dan kepala bertemu adalah mesin datar untuk dekat, cocok presisi, tetapi tidak ada jumlah mesin yang teliti akan memungkinkan mereka untuk benar-benar ketat atau air dapat menahan gas pembakaran dari masa lalu melarikan diri permukaan kawin.
Semua mesin pembakaran internal memiliki blok mesin dan satu atau dua kepala silinder. Permukaan kawin dimana blok dan kepala bertemu adalah mesin datar untuk dekat, cocok presisi, tetapi tidak ada jumlah mesin yang teliti akan memungkinkan mereka untuk benar-benar ketat atau air dapat menahan gas pembakaran dari masa lalu melarikan diri permukaan kawin.
Dalam
rangka untuk menutup blok ke kepala, kita menggunakan paking kepala.
Gasket kepala memiliki beberapa hal yang dibutuhkan untuk menutup
melawan. Hal utama adalah tekanan pembakaran pada silinder
masing-masing. Minyak dan pendingin harus mengalir dengan mudah antara
blok dan kepala dan itu adalah tugas dari paking kepala untuk menjaga
cairan dari bocor keluar atau ke dalam ruang pembakaran, atau satu sama
lain dalam hal ini.
Sebuah
paking kepala khas biasanya terbuat dari lembaran logam yang lembut
yang dicap dengan pegunungan yang mengelilingi semua titik kebocoran.
Ketika kepala ditempatkan di blok, paking kepala terjepit di antara
mereka. Banyak baut, baut yang disebut kepala disekrup dan diperketat
bawah menyebabkan paking kepala untuk menghancurkan dan membentuk segel
ketat antara blok dan kepala.
Gasket kepala biasanya gagal jika mesin terlalu panas untuk jangka
waktu yang berkelanjutan menyebabkan kepala silinder melengkung dan
melepaskan tekanan pada paking kepala. Hal ini paling umum pada mesin
dengan kepala aluminium cor, yang sekarang hampir semua mesin modern.
Setelah
pendingin atau pembakaran gas bocor masa lalu paking kepala, bahan
paking biasanya yang rusak ke titik di mana ia tidak akan lagi memegang
segel. Hal ini menyebabkan kebocoran di daerah beberapa kemungkinan.
Sebagai contoh:
- pembakaran gas bisa bocor ke saluran pendingin menyebabkan tekanan yang berlebihan dalam sistem pendingin.
- pendingin bisa bocor ke ruang pembakaran menyebabkan pendingin untuk melarikan diri melalui sistem pembuangan, sering menyebabkan awan putih asap di knalpot.
- Masalah lain seperti minyak pencampuran dengan pendingin atau dibakar keluar knalpot juga mungkin.
Beberapa mesin lebih rentan
terhadap kegagalan kepala paking daripada yang lain. Saya telah melihat
gasket kepala ditiup pada mesin yang baru mulai terlalu panas dan
berjalan panas kurang dari 5 menit. Saran terbaik yang bisa saya
berikan adalah, jika mesin menunjukkan tanda-tanda overheating, mencari
tempat untuk menepi dan menutup mesin off secepat mungkin.
Kepala
gasket sendiri relatif murah, tetapi tenaga kerja yang pembunuhnya.
Sebuah penggantian paking kepala khas adalah pekerjaan beberapa jam di
mana bagian atas mesin harus benar-benar dibongkar. Pekerjaan ini dapat
dengan mudah mencapai, 000 atau lebih.
Pada
mesin tipe V, ada dua kepala, yang berarti dua gasket kepala.
Sementara tenaga kerja tidak akan ganda jika kedua gasket kepala perlu
diganti, mungkin akan menambah tenaga 30% lebih baik untuk menggantikan
keduanya. Jika hanya satu paking kepala telah gagal, biasanya tidak
perlu mengganti kedua, tetapi dapat ditambahkan asuransi untuk
mendapatkan keduanya dilakukan sekaligus.
Sebuah
penggantian paking kepala dimulai dengan diagnosis bahwa paking kepala
telah gagal. Tidak ada cara bagi seorang teknisi untuk mengetahui
secara pasti apakah ada kerusakan tambahan pada kepala silinder atau
komponen lain tanpa terlebih dahulu membongkar mesin. Yang ia tahu
adalah bahwa cairan dan / atau pembakaran tidak sedang mengandung.
Salah
satu cara untuk mengetahui apakah paking kepala telah gagal adalah
melalui tes kebocoran pembakaran pada radiator. Ini adalah uji kimia
yang menentukan jika ada pembakaran gas dalam pendingin mesin. Cara
lain adalah dengan menghapus busi dan engkol mesin saat menonton untuk
menyemprotkan air dari satu atau lebih lubang busi. Setelah teknisi
telah menentukan bahwa paking kepala harus diganti, perkiraan diberikan
untuk suku cadang dan tenaga kerja. Teknisi kemudian akan menjelaskan
bahwa mungkin ada biaya tambahan setelah mesin dibuka jika kerusakan
lebih ditemukan.
Heater Inti
Pendingin panas juga digunakan untuk menyediakan panas untuk interior kendaraan bila diperlukan. Ini adalah sistem sederhana dan lurus ke depan yang meliputi inti pemanas, yang terlihat seperti kecil versi radiator, terhubung ke sistem pendingin dengan sepasang selang karet. Satu selang pendingin membawa panas dari pompa air ke inti pemanas dan selang lainnya pendingin kembali ke atas mesin. Biasanya ada katup kontrol pemanas di salah satu selang untuk memblokir aliran pendingin ke dalam inti pemanas ketika penyejuk udara maksimum disebut untuk.
Pendingin panas juga digunakan untuk menyediakan panas untuk interior kendaraan bila diperlukan. Ini adalah sistem sederhana dan lurus ke depan yang meliputi inti pemanas, yang terlihat seperti kecil versi radiator, terhubung ke sistem pendingin dengan sepasang selang karet. Satu selang pendingin membawa panas dari pompa air ke inti pemanas dan selang lainnya pendingin kembali ke atas mesin. Biasanya ada katup kontrol pemanas di salah satu selang untuk memblokir aliran pendingin ke dalam inti pemanas ketika penyejuk udara maksimum disebut untuk.
Sebuah kipas, disebut
blower, menarik udara melalui inti pemanas dan mengarahkan melalui
saluran pemanas untuk interior mobil. Suhu panas diatur oleh sebuah
pintu yang mencampur campuran dingin udara luar, atau kadang-kadang
udara AC dengan udara panas datang melalui inti pemanas. Pintu ini
campuran memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu udara yang datang ke
pedalaman. Pintu lain memungkinkan Anda untuk mengarahkan udara hangat
melalui saluran-saluran di lantai, saluran defroster di dasar kaca
depan, dan saluran AC terletak di panel instrumen.
Selang
Ada beberapa selang karet yang membentuk pipa untuk menghubungkan komponen-komponen sistem pendingin. Selang utama disebut selang radiator atas dan bawah. Kedua selang sekitar 2 inci dan diameter pendingin langsung antara mesin dan radiator. Dua selang tambahan, disebut selang pemanas, pendingin pasokan panas dari mesin ke inti pemanas. Ini selang sekitar 1 inci diameter. Salah satu selang mungkin memiliki katup kendali pemanas dipasang di garis untuk memblokir pendingin panas dari memasuki inti pemanas ketika AC diatur untuk max-dingin. Sebuah selang kelima, disebut selang bypass, digunakan untuk mengedarkan pendingin melalui mesin, melewati radiator, ketika termostat ditutup. Beberapa mesin tidak menggunakan selang karet. Sebaliknya, mereka mungkin menggunakan tabung logam atau memiliki bagian built-in di perumahan depan.
Ada beberapa selang karet yang membentuk pipa untuk menghubungkan komponen-komponen sistem pendingin. Selang utama disebut selang radiator atas dan bawah. Kedua selang sekitar 2 inci dan diameter pendingin langsung antara mesin dan radiator. Dua selang tambahan, disebut selang pemanas, pendingin pasokan panas dari mesin ke inti pemanas. Ini selang sekitar 1 inci diameter. Salah satu selang mungkin memiliki katup kendali pemanas dipasang di garis untuk memblokir pendingin panas dari memasuki inti pemanas ketika AC diatur untuk max-dingin. Sebuah selang kelima, disebut selang bypass, digunakan untuk mengedarkan pendingin melalui mesin, melewati radiator, ketika termostat ditutup. Beberapa mesin tidak menggunakan selang karet. Sebaliknya, mereka mungkin menggunakan tabung logam atau memiliki bagian built-in di perumahan depan.
Ini
selang dirancang untuk menahan tekanan di dalam sistem pendingin.
Karena ini, mereka tunduk terhadap keausan dan akhirnya mungkin
memerlukan penggantian sebagai bagian dari perawatan rutin. Jika karet
mulai terlihat kering dan pecah-pecah, atau menjadi lembut dan
berespon, atau Anda melihat beberapa balon di ujungnya, sekarang
saatnya untuk menggantikan mereka. Selang radiator utama biasanya
dibentuk untuk bentuk yang dirancang untuk mengusir selang sekitar
hambatan tanpa uji puntir. Ketika membeli penggantian, pastikan bahwa
mereka dirancang untuk memenuhi kendaraan.
Ada
selang karet kecil yang membentang dari leher botol radiator cadangan.
Hal ini memungkinkan pendingin yang dilepaskan oleh topi tekanan untuk
dikirim ke tangki cadangan. Ini selang karet adalah sekitar seperempat
inci dengan diameter dan biasanya bukan bagian dari sistem bertekanan.
Setelah mesin dingin, pendingin ditarik kembali ke radiator dengan
selang yang sama.
Sistem pendinginan Pemeliharaan dan Perbaikan
Sebuah mesin yang terlalu panas akan cepat merusak diri sendiri, sehingga perawatan yang tepat dari sistem pendingin sangat penting untuk kehidupan mesin dan operasi bebas masalah dari sistem pendingin pada umumnya.
Sebuah mesin yang terlalu panas akan cepat merusak diri sendiri, sehingga perawatan yang tepat dari sistem pendingin sangat penting untuk kehidupan mesin dan operasi bebas masalah dari sistem pendingin pada umumnya.
Item
perawatan yang paling penting adalah untuk menyiram dan mengisi
pendingin secara berkala. Alasan untuk layanan ini penting adalah
bahwa anti-beku memiliki sejumlah aditif yang dirancang untuk mencegah
korosi dalam sistem pendinginan. Hal ini cenderung untuk mempercepat
korosi ketika beberapa jenis logam berinteraksi satu sama lain. Skala
menyebabkan korosi yang akhirnya menumpuk dan mulai menyumbat tabung
datar tipis di radiator dan inti pemanas. menyebabkan mesin untuk
akhirnya panas. Anti-korosi kimia dalam antibeku mencegah ini, tetapi
mereka memiliki hidup yang terbatas.
Formulasi
antibeku baru akan berlangsung selama 5 tahun atau 150.000 mil sebelum
harus diganti. Antifreezes ini biasanya berwarna merah dan disebut
sebagai "Extended Life" atau "Long Life" antibeku. GM telah menggunakan
jenis pendingin di semua kendaraan mereka sejak 1996. Produk GM
disebut "Dex-Cool".
Antibeku
paling banyak digunakan dalam kendaraan bagaimanapun, adalah hijau
dalam warna dan harus diganti setiap dua tahun atau 30.000 mil, yang
pernah datang dulu. Anda dapat mengkonversi ke pendingin hidup baru
yang panjang, tetapi hanya jika Anda benar-benar flush out semua
antibeku lama. Jika ada pendingin hijau diperbolehkan bergaul dengan
pendingin merah, Anda harus kembali ke siklus penggantian yang lebih
pendek.
Carilah toko yang dapat
membalikkan-flush sistem pendingin. Hal ini memerlukan peralatan khusus
dan penghapusan thermostat untuk melakukan pekerjaan dengan benar.
Jenis flush terutama penting jika pendingin tua terlihat coklat atau
memiliki skala atau puing-puing mengambang sekitar di dalamnya.
Jika
Anda menghapus termostat untuk flush sebaliknya, selalu menggantinya
dengan termostat baru dari suhu yang tepat. Ini adalah asuransi murah.
The Radiator Otomotif Nasional Asosiasi Pelayanan
(NARSA) merekomendasikan bahwa pengendara motor memiliki tujuh poin
pendinginan pemeliharaan sistem pencegahan memeriksa setidaknya sekali
setiap dua tahun. Program tujuh poin dirancang untuk mengidentifikasi
daerah yang membutuhkan perhatian. Ini terdiri dari:
- inspeksi visual dari semua komponen sistem pendingin, termasuk ikat pinggang dan selang
- tekanan radiator cap tes untuk memeriksa tingkat sistem yang direkomendasikan tekanan
- cek termostat untuk membuka dan menutup yang tepat
- tes tekanan untuk mengidentifikasi kebocoran eksternal untuk bagian-bagian sistem pendingin, termasuk radiator, pompa air, bagian mesin pendingin, radiator dan selang heater dan inti pemanas
- uji internal kebocoran untuk memeriksa kebocoran pembakaran gas ke sistem pendingin
- kipas mesin uji untuk operasi yang tepat
- daya sistem flush dan isi ulang dengan konsentrasi produsen mobil dianjurkan pendingin
Mari kita liat satu item pada suatu waktu.
V isual Inspeksi
Apa yang Anda cari adalah kondisi ikat pinggang dan selang. Selang radiator dan selang pemanas mudah diperiksa hanya dengan membuka kap dan mencari. Anda ingin memastikan bahwa selang tidak memiliki retak atau pemecahan dan bahwa tidak ada menggelembung atau bengkak di ujung. Jika ada tanda-tanda masalah, selang harus diganti dengan nomor bagian yang benar untuk tahun ini, membuat dan model kendaraan. Jangan gunakan selang yang universal kecuali keadaan darurat dan dibentuk selang yang tepat tidak tersedia.
Apa yang Anda cari adalah kondisi ikat pinggang dan selang. Selang radiator dan selang pemanas mudah diperiksa hanya dengan membuka kap dan mencari. Anda ingin memastikan bahwa selang tidak memiliki retak atau pemecahan dan bahwa tidak ada menggelembung atau bengkak di ujung. Jika ada tanda-tanda masalah, selang harus diganti dengan nomor bagian yang benar untuk tahun ini, membuat dan model kendaraan. Jangan gunakan selang yang universal kecuali keadaan darurat dan dibentuk selang yang tepat tidak tersedia.
Selang
heater biasanya berjalan lurus dan tidak dibentuk, sehingga selang
universal baik untuk digunakan dan sering adalah semua yang tersedia.
Pastikan bahwa Anda menggunakan diameter dalam yang tepat untuk selang
yang diganti. Baik untuk selang radiator atau selang pemanas, pastikan
bahwa Anda rute selang pengganti dengan cara yang sama bahwa selang
asli berjalan. Posisi selang jauh dari halangan yang mungkin dapat
merusak dan selalu menggunakan klem selang baru. Setelah Anda mengisi
ulang sistem pendingin dengan pendingin, lakukan tes tekanan untuk
memastikan bahwa tidak ada kebocoran.
Pada
kendaraan yang lebih tua kebanyakan, pompa air didorong oleh sabuk V
atau sabuk ular di depan mesin yang juga bertanggung jawab untuk
mengemudi alternator, daya pompa steering dan kompresor AC. Jenis sabuk
mudah untuk memeriksa dan mengganti jika mereka dipakai. Anda mencari
retak mengering pada permukaan bagian dalam sabuk.
Pada
kendaraan kemudian, pompa air sering didorong oleh timing belt. Sabuk
ini biasanya memiliki harapan hidup tertentu di mana saat itu harus
diganti untuk memastikan bahwa itu tidak gagal. Karena timing belt ada
di dalam mesin dan akan memerlukan pembongkaran mesin parsial untuk
memeriksa, sangat penting untuk menggantinya pada interval yang tepat.
Karena tenaga kerja untuk mengganti ikat pinggang ini dapat
signifikan, itu adalah ide yang baik untuk mengganti pompa air pada
saat yang sama bahwa sabuk diganti. Hal ini karena 90 persen tenaga
kerja untuk mengganti pompa air telah dilakukan untuk mengganti timing
belt. Itu hanya asuransi yang baik untuk menggantikan pompa sementara
semuanya terpisah.
Radiator tekanan uji tutup
Sebuah topi tekanan radiator dirancang untuk mempertahankan tekanan dalam sistem pendinginan pada tekanan maksimum tertentu. Jika sistem pendingin melebihi tekanan itu, katup di tutup terbuka berdarah tekanan yang berlebihan ke dalam tangki cadangan. Setelah mesin sudah mendingin, tekanan negatif mulai berkembang dalam sistem pendingin. Ketika ini terjadi, katup kedua di tutup memungkinkan pendingin yang akan tersedot kembali ke radiator dari tangki cadangan. Jika tutup gagal, mesin dengan mudah dapat menjadi terlalu panas. Sebuah tes tekanan tutup radiator adalah cara cepat untuk mengetahui apakah tutup melakukan tugasnya. Ini harus dapat menahan tekanan dinilai untuk dua menit. Karena topi radiator cukup murah, saya akan merekomendasikan mengganti setiap 3 tahun atau 36.000 mil, hanya untuk asuransi ditambahkan. Benar-benar memastikan bahwa Anda menggantinya dengan satu yang dirancang untuk kendaraan Anda.
Sebuah topi tekanan radiator dirancang untuk mempertahankan tekanan dalam sistem pendinginan pada tekanan maksimum tertentu. Jika sistem pendingin melebihi tekanan itu, katup di tutup terbuka berdarah tekanan yang berlebihan ke dalam tangki cadangan. Setelah mesin sudah mendingin, tekanan negatif mulai berkembang dalam sistem pendingin. Ketika ini terjadi, katup kedua di tutup memungkinkan pendingin yang akan tersedot kembali ke radiator dari tangki cadangan. Jika tutup gagal, mesin dengan mudah dapat menjadi terlalu panas. Sebuah tes tekanan tutup radiator adalah cara cepat untuk mengetahui apakah tutup melakukan tugasnya. Ini harus dapat menahan tekanan dinilai untuk dua menit. Karena topi radiator cukup murah, saya akan merekomendasikan mengganti setiap 3 tahun atau 36.000 mil, hanya untuk asuransi ditambahkan. Benar-benar memastikan bahwa Anda menggantinya dengan satu yang dirancang untuk kendaraan Anda.
Thermostat memeriksa pembukaan yang tepat dan menutup
Langkah ini hanya diperlukan jika Anda mengalami masalah dengan sistem pendingin.
Langkah ini hanya diperlukan jika Anda mengalami masalah dengan sistem pendingin.
Termostat
adalah dirancang untuk membuka pada suhu pendingin tertentu. Untuk
menguji termostat saat itu masih di mesin, hidupkan mesin dan biarkan
datang ke suhu operasi normal (jangan biarkan terlalu panas). Jika itu
membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk mesin untuk pemanasan atau
untuk pemanas untuk mulai mengirimkan udara panas, termostat mungkin
terjebak dalam posisi terbuka. Jika mesin tidak hangat, mematikan dan
mencari dua selang radiator. Ini adalah dua selang besar yang pergi
dari mesin ke radiator. Rasakan dengan hati-hati (mereka bisa menjadi
sangat panas). Jika salah satu selang panas dan lainnya dingin,
thermostat mungkin terjebak ditutup.
Jika
Anda mengalami masalah dan tersangka termostat, keluarkan dan tempatkan
dalam panci air. Bawa air mendidih dan menonton termostat. Anda harus
melihatnya terbuka saat air mencapai mendidih. Termostat yang paling
terbuka pada sekitar 195 derajat Fahrenheit. Sebuah termometer oven
dalam air harus mengkonfirmasi bahwa thermostat bekerja dengan benar.
Tekanan tes untuk mengidentifikasi kebocoran eksternal
Pengujian tekanan sistem pendingin adalah proses sederhana untuk menentukan di mana kebocoran berada. Tes ini hanya dilakukan setelah sistem pendingin telah didinginkan cukup untuk memungkinkan Anda dengan aman menghapus tutup tekanan. Setelah Anda yakin bahwa sistem pendingin penuh dengan pendingin, tester tekanan sistem pendingin yang terpasang di tempat tutup radiator. Tester dari dipompa untuk membangun tekanan dalam sistem. Ada alat ukur pada tester menunjukkan berapa banyak tekanan yang sedang dipompa. Anda harus pompa ke tekanan yang ditunjukkan pada tutup tekanan atau dengan spesifikasi produsen.
Pengujian tekanan sistem pendingin adalah proses sederhana untuk menentukan di mana kebocoran berada. Tes ini hanya dilakukan setelah sistem pendingin telah didinginkan cukup untuk memungkinkan Anda dengan aman menghapus tutup tekanan. Setelah Anda yakin bahwa sistem pendingin penuh dengan pendingin, tester tekanan sistem pendingin yang terpasang di tempat tutup radiator. Tester dari dipompa untuk membangun tekanan dalam sistem. Ada alat ukur pada tester menunjukkan berapa banyak tekanan yang sedang dipompa. Anda harus pompa ke tekanan yang ditunjukkan pada tutup tekanan atau dengan spesifikasi produsen.
Setelah tekanan
diterapkan, Anda dapat mulai untuk mencari kebocoran. Juga menonton
gauge pada tester untuk melihat apakah kehilangan tekanan. Jika
tekanan turun lebih dari beberapa pound dalam dua menit, ada
kemungkinan kebocoran di suatu tempat yang mungkin tersembunyi. Hal ini
tidak selalu mudah untuk melihat di mana kebocoran ini berasal dari.
Hal yang terbaik adalah memiliki kendaraan di lift sehingga Anda dapat
melihat atas segala sesuatu dengan cahaya toko atau senter. Jika inti
pemanas dalam bocor, mungkin tidak akan terlihat karena inti adalah
tertutup dan tidak terlihat tanpa pembongkaran besar, tapi satu tanda
pasti adalah bau yang jelas antifreeze di dalam mobil. Anda juga dapat
melihat kaca depan mengepul dengan residu berminyak.
Kebocoran internal tes
Jika Anda kehilangan pendingin, tetapi tidak ada tanda-tanda kebocoran, Anda bisa memiliki paking kepala ditiup. Cara terbaik untuk menguji masalah ini adalah dengan tes kebocoran pembakaran pada radiator. Hal ini dicapai dengan menggunakan tester blok. Ini adalah kit yang melakukan tes kimia pada uap dalam radiator. Biru cairan tester ditambahkan ke wadah plastik di tester. Jika cairan berubah menjadi kuning saat tes, maka gas buang yang hadir dalam radiator.
Jika Anda kehilangan pendingin, tetapi tidak ada tanda-tanda kebocoran, Anda bisa memiliki paking kepala ditiup. Cara terbaik untuk menguji masalah ini adalah dengan tes kebocoran pembakaran pada radiator. Hal ini dicapai dengan menggunakan tester blok. Ini adalah kit yang melakukan tes kimia pada uap dalam radiator. Biru cairan tester ditambahkan ke wadah plastik di tester. Jika cairan berubah menjadi kuning saat tes, maka gas buang yang hadir dalam radiator.
Penyebab paling umum
untuk gas buang untuk hadir dalam radiator adalah paking kepala ditiup.
Mengganti paking kepala buruk memerlukan pembongkaran mesin utama dan
dapat cukup mahal. Penyebab lainnya termasuk kepala retak atau blok
retak, keduanya bahkan lebih diinginkan daripada harus mengganti paking
kepala.
Ketika paking kepala memburuk
Proses mengganti paking kepala dimulai dengan benar-benar menguras cairan pendingin dari mesin. Bagian atas mesin kemudian dibongkar bersama dengan banyak bagian depan mesin untuk mendapatkan akses ke kepala silinder. Kepala atau kepala kemudian dihapus dan pemeriksaan menyeluruh untuk kerusakan tambahan dilakukan.
Proses mengganti paking kepala dimulai dengan benar-benar menguras cairan pendingin dari mesin. Bagian atas mesin kemudian dibongkar bersama dengan banyak bagian depan mesin untuk mendapatkan akses ke kepala silinder. Kepala atau kepala kemudian dihapus dan pemeriksaan menyeluruh untuk kerusakan tambahan dilakukan.
Sebelum
mesin dapat dirakit kembali, permukaan kawin dari kepala dan blok yang
pertama dibersihkan untuk memastikan bahwa tidak akan mengganggu
dengan sifat penyegelan gasket. Permukaan kepala silinder juga
diperiksa untuk kerataan dan, dalam beberapa kasus, blok tersebut akan
diperiksa juga. Gasket kepala kemudian diposisikan di blok dan selaras
dengan menggunakan pasak pencari yang dibangun ke blok. Kepala
kemudian ditempatkan di atas gasket dan sejumlah baut, disebut
kepala-baut yang dilapisi dengan minyak dan longgar benang ke perakitan.
Baut kemudian diperketat dalam urutan tertentu untuk torsi awal yang
ditentukan menggunakan kunci khusus yang disebut kunci momen. Hal ini
untuk memastikan bahwa gasket kepala hancur merata dalam rangka untuk
memastikan segel ketat. Proses ini kemudian diulang untuk pengaturan,
torsi kedua lebih ketat, akhirnya pengaturan torsi ketiga. Pada titik
ini, sisa dari mesin dipasang kembali dan sistem pendingin diisi dengan
campuran antibeku dan air. Sekali mesin diisi, teknisi akan tes tekanan
sistem pendingin untuk memastikan tidak ada kebocoran.
Pada
banyak mesin, pendingin juga melewati antara kepala dan intake
manifold. Ada juga gasket untuk intake manifold untuk menjaga pendingin
dari bocor keluar pada saat itu. Mengganti gasket intake manifold
adalah pekerjaan jauh lebih mudah daripada gasket kepala, tapi masih
bisa mengambil beberapa jam atau lebih untuk pekerjaan itu.
Mesin Uji Fan
Kipas pendingin radiator bagian penting dari operasi sistem pendingin. Sementara kipas tidak benar-benar dibutuhkan saat kendaraan melakukan perjalanan di jalan raya, adalah sangat penting ketika menyetir pelan-pelan atau berhenti dengan mesin berjalan. Di masa lalu, kipas itu ditempelkan ke mesin dan didorong oleh sabuk kipas. Kecepatan kipas secara langsung proporsional dengan kecepatan mesin. Jenis sistem kadang-kadang menyebabkan kebisingan yang berlebihan sebagai mobil dipercepat melalui gigi. Sebagai mesin dipercepat, suara kipas terdengar bergegas. Untuk menenangkan segalanya dan tempat kurang dari tarik dalam mesin, drive fan kental dikembangkan dalam rangka untuk melepaskan kipas saat itu tidak diperlukan.
Kipas pendingin radiator bagian penting dari operasi sistem pendingin. Sementara kipas tidak benar-benar dibutuhkan saat kendaraan melakukan perjalanan di jalan raya, adalah sangat penting ketika menyetir pelan-pelan atau berhenti dengan mesin berjalan. Di masa lalu, kipas itu ditempelkan ke mesin dan didorong oleh sabuk kipas. Kecepatan kipas secara langsung proporsional dengan kecepatan mesin. Jenis sistem kadang-kadang menyebabkan kebisingan yang berlebihan sebagai mobil dipercepat melalui gigi. Sebagai mesin dipercepat, suara kipas terdengar bergegas. Untuk menenangkan segalanya dan tempat kurang dari tarik dalam mesin, drive fan kental dikembangkan dalam rangka untuk melepaskan kipas saat itu tidak diperlukan.
Ketika
kontrol komputer muncul menjadi ada, mesin ini fans didorong memberi
jalan untuk kipas listrik yang dipasang langsung pada radiator. Sebuah
sensor suhu ditentukan ketika mesin mulai berjalan terlalu panas dan
menyalakan kipas menarik udara melalui radiator untuk mendinginkan
mesin. Pada banyak mobil, ada dua kipas dipasang berdampingan untuk
memastikan bahwa radiator memiliki aliran udara yang seragam untuk
lebar unit.
Ketika mobil itu
bergerak, kecepatan udara yang masuk panggangan sudah cukup untuk
menjaga pendingin pada suhu yang tepat, sehingga fans yang mematikan.
Ketika kendaraan berhenti, tidak ada aliran udara alami, sehingga kipas
akan datang secepat mesin mencapai suhu tertentu.
Jika
AC dinyalakan, sirkuit yang berbeda akan datang ke dalam bermain.
Alasan untuk ini adalah sistem pendingin udara selalu membutuhkan
aliran udara yang baik melalui kondensor yang dipasang di depan
radiator. Jika aliran udara berhenti, udara AC yang masuk melalui
outlet dasbor segera akan mulai pemanasan. Untuk alasan ini, ketika AC
dihidupkan, rangkaian kipas akan kekuatan para penggemar terlepas dari
suhu mesin.
Jika Anda melihat
bahwa suhu mesin mulai naik segera setelah kendaraan datang untuk
berhenti, hal pertama adalah untuk memeriksa operasi fan. Jika kipas
tidak berputar saat mesin panas, sebuah tes sederhana untuk menghidupkan
AC pada. Jika kipas mulai bekerja, tersangka sensor suhu dalam
rangkaian kipas (Anda akan memerlukan diagram pengkabelan untuk
kendaraan Anda untuk menemukan itu). Dalam rangka untuk menguji mesin
kipas itu sendiri, cabut konektor kabel dua kipas dan menghubungkan
sumber volt 12 untuk satu terminal dan tanah lainnya. (Tidak peduli
yang mana untuk tes ini) Jika kipas mulai gilirannya, motor yang baik.
Jika tidak berubah, motor yang buruk dan harus diganti.
Dalam
rangka untuk menguji sistem lebih lanjut, Anda akan membutuhkan sebuah
manual perbaikan untuk tahun ini, membuat dan model kendaraan dan
mengikuti grafik pemecahan masalah dan prosedur diagnostik untuk
kendaraan Anda. Pada kebanyakan sistem, akan ada relay kipas atau modul
kontrol kipas yang dapat menjadi tempat masalah. Ada sejumlah sistem
kontrol yang berbeda, masing-masing membutuhkan prosedur tes yang
berbeda. Tanpa perbaikan informasi yang tepat, Anda dapat dengan mudah
melakukan lebih berbahaya daripada baik.
Sistem pendingin listrik flush dan isi ulang
Meskipun Anda dapat mengganti pendingin lama dengan pengeringan itu dan menggantikannya dengan pendingin segar, cara terbaik untuk benar mempertahankan sistem pendingin Anda adalah memiliki daya sistem memerah. Pembilasan Power akan menghapus semua pendingin tua dan menarik keluar setiap sedimen dan skala bersama dengan itu.
Meskipun Anda dapat mengganti pendingin lama dengan pengeringan itu dan menggantikannya dengan pendingin segar, cara terbaik untuk benar mempertahankan sistem pendingin Anda adalah memiliki daya sistem memerah. Pembilasan Power akan menghapus semua pendingin tua dan menarik keluar setiap sedimen dan skala bersama dengan itu.
Pembilasan listrik
membutuhkan mesin khusus yang toko-toko otomatis telah banyak perbaikan
untuk tujuan tersebut. Prosedur ini mensyaratkan bahwa thermostat
dihapus, selang radiator bawah terputus, dan mesin flush terhubung
sejalan. Selang lebih rendah terhubung ke mesin dan selang lainnya
dari mesin terhubung ke radiator mana selang lebih rendah diputus dari.
Air, dan kadang-kadang, agen
pembersih dipompakan melalui sistem pendingin dalam reverse path dari
aliran pendingin yang normal. Hal ini memungkinkan skala apapun menjadi
longgar dan mengalir keluar. Setelah air jernih yang keluar dari
sistem, selang menghubungkan kembali dan termostat baru dipasang.
Kemudian sistem pendingin diisi ulang dengan jumlah yang sesuai
antifreeze untuk membawa pendingin untuk campuran yang tepat dari
antibeku dan air. Untuk kendaraan yang paling dan paling iklim,
campuran 50 persen antibeku dan 50 persen air. Dalam iklim dingin,
antibeku lebih banyak digunakan, tetapi tidak pernah harus melebihi 75
antibeku persen. Periksa manual pemilik Anda untuk prosedur yang tepat
dan rekomendasi untuk kendaraan Anda.
malam pak mau nanya kondisi radiator bagus semuanya hanya celah2 kecil radiator yg dr aluminium ada beberapa yg somplak, radiator ada masalah apa ga?? thanks balasanya
ReplyDeleteBalas
Bagus mas. Izin copas boleh nggak mas?
ReplyDelete