Wednesday, February 27, 2013

sistem pendingin pada mobil

Mempelajari Lebih Dalam Sistem Kerja Pendingin Mesin Pada Mobil

 

sistem pendingin mobil ( cooling system)


BAB I
SISTEM PENDINGINAN( COOLING SYSTEM )


Kendaraaan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.

Sitem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...

mempunyai banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam bunyi
Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Bagian-bagian cooling system serta gejala kerusakannya


Sebenarnya sistem pendinginan mesin terdiri dari banyak komponen. Namun seringkali hal ini tak disadari oleh pemilik mobil. Sehingga masalah panas mesin tak bisa diatasi dengan tuntas. Berikut komponen-komponen yang merupakan bagian dari sistem pendingin mesin.



Radiator



Bertugas sebagai perantara agar air panas dapat melepas kalornya ke udara. Dari bahannya, ada tiga jenis radiator: kuningan, tembaga dan aluminium.

Kelebihan radiator tembaga dan kuningan adalah kedua bahan ini bisa ditambal atau diperbaiki jika terjadi kebocoran. Namun kemampuannya melepas panas tidak sehebat aluminium. Sedangkan radiator aluminium agak sulit diperbaiki jika bocor. Sekarang hampir semua mobil baru menggunakan radiator aluminium.

Radiator coolant

Air merupakan zat cair yang terbaik untuk mendinginkan mesin. Namun air juga memiliki kelemahan seperti titik didih yang rendah dan bisa menyebabkan korosi.

Makanya untuk pendinginan mesin, air dicampur dengan coolant  agar titik didihnya bisa lebih tinggi dan tidak membuat korosi. Cairan pendingin yang merupakan campuran air dan radiator coolant  ini perlu diganti paling tidak setahun sekali.

Kipas radiator ( FAN  RADIATOR )



Untuk mengalirkan udara melalui kisi-kisi radiator, khususnya saat mobil berhenti, diperlukan bantuan kipas pendingin. Ada dua jenis kipas pendingin: yang digerakkan langsung oleh mesin, dan diputar oleh motor listrik.

Kelebihan kipas yang digerakkan mesin adalah kemungkinan rusaknya kecil. Tapi kelemahannya putaran kipas ini rendah saat mesin stasioner dan memberi beban ekstra kepada mesin, terutama pada putaran tinggi. Padahal pada kecepatan tinggi radiator sudah cukup mendapat angin dari depan.

Untuk mengurangi kelemahan ini, kipas mesin dilengkapi dengan kopling visco. Kopling ini akan mengeras saat radiator sudah mulai panas sehingga mempercepat putaran kipas. Dan akan melemah jika radiator dingin sehingga kipas tidak terlalu membebani kerja mesin. Kerusakan pada kopling visco adalah makin lemah seiring bertambahnya usia.

Sedangkan kipas elektrik akan berputar cepat meski mesin dalam keadaan stasioner. Ini sangat menguntungkan saat jalan macet. Namun motor listrik pada kipas elektrik bisa rusak sehingga mengakibatkan mesin overheat. 

Hidup-matinya kipas elektrik ini diatur oleh thermoswitch  yang bekerja dengan mendeteksi suhu air pendingin. Ketika air sudah mulai panas, thermoswitch  akan memerintahkan kipas untuk hidup, sebaliknya saat air radiator sudah kembali dingin kipas dimatikan.


Water pump
 


Untuk mengalirkan air dari radiator ke blok mesin dan sebaliknya digunakan pompa air yang digerakkan oleh mesin. Pada mesin kompetisi biasanya digunakan pompa air elektrik agar tidak membebani mesin.

Kerusakan pada pompa air umumnya adalah kebocoran pada silnya. Namun bisa juga kerusakan terjadi pada bilah pompa yang korosi atau berubah bentuk sehingga mengurangi kemampuannya memompa air.

Upper dan lower hose

Slang radiator berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin. Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin.

Kerusakan pada slang radiator adalah kebocoran akibat usia. Selain itu bisa juga karena karet selang sudah lembek sehingga tidak tahan menghadapi tekanan pada slang atas atau kevakuman pada selang bawah. Jika slang bawah tidak tahan terhadap kevakuman, maka selang akan kempot dan air tidak bisa bersirkulasi.

resevoar tank

Dalam keadaan panas, tekanan pada sistem pendinginan akan bertambah. Hal ini mengakibatkan ada air yang harus keluar dari sistem yang akan ditampung oleh tangki cadangan.

Saat mesin kembali dingin, tekanan pada sistem pendinginan juga akan kembali normal sehingga perlu tambahan air yang akan diambil dari tangki cadangan. Kerusakan pada tangki cadangan adalah kebocoran atau pecah akibat benturan.

radiator cap


Titik didih air adalah 100º Celcius pada tekanan 1 atm. Untuk menaikkan titik didih air, selain dengan penggunaan coolant  juga bisa dilakukan dengan menaikkan tekanan pada sistem radiator. Besarnya tekanan inilah yang diatur oleh tutup radiator.

Besarnya tekanan dalam sistem pendingin di mobil biasanya tertulis di tutup radiator dengan angka 0,7 atau 0,9 dalam satuan bar. Artinya klep pada tutup radiator akan terbuka jika tekanan sudah melebihi angka itu dan air akan mengalir sebagian ke tangki cadangan.

Kerusakan pada tutup radiator adalah kebocoran akibat karet yang sudah getas atau pengaturan

sistem pendingin mobil ( cooling system)


BAB I
SISTEM PENDINGINAN( COOLING SYSTEM )


Kendaraaan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.

Sitem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...

mempunyai banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam bunyi
Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Bagian-bagian cooling system serta gejala kerusakannya


Sebenarnya sistem pendinginan mesin terdiri dari banyak komponen. Namun seringkali hal ini tak disadari oleh pemilik mobil. Sehingga masalah panas mesin tak bisa diatasi dengan tuntas. Berikut komponen-komponen yang merupakan bagian dari sistem pendingin mesin.



Radiator



Bertugas sebagai perantara agar air panas dapat melepas kalornya ke udara. Dari bahannya, ada tiga jenis radiator: kuningan, tembaga dan aluminium.

Kelebihan radiator tembaga dan kuningan adalah kedua bahan ini bisa ditambal atau diperbaiki jika terjadi kebocoran. Namun kemampuannya melepas panas tidak sehebat aluminium. Sedangkan radiator aluminium agak sulit diperbaiki jika bocor. Sekarang hampir semua mobil baru menggunakan radiator aluminium.

Radiator coolant

Air merupakan zat cair yang terbaik untuk mendinginkan mesin. Namun air juga memiliki kelemahan seperti titik didih yang rendah dan bisa menyebabkan korosi.

Makanya untuk pendinginan mesin, air dicampur dengan coolant  agar titik didihnya bisa lebih tinggi dan tidak membuat korosi. Cairan pendingin yang merupakan campuran air dan radiator coolant  ini perlu diganti paling tidak setahun sekali.

Kipas radiator ( FAN  RADIATOR )



Untuk mengalirkan udara melalui kisi-kisi radiator, khususnya saat mobil berhenti, diperlukan bantuan kipas pendingin. Ada dua jenis kipas pendingin: yang digerakkan langsung oleh mesin, dan diputar oleh motor listrik.

Kelebihan kipas yang digerakkan mesin adalah kemungkinan rusaknya kecil. Tapi kelemahannya putaran kipas ini rendah saat mesin stasioner dan memberi beban ekstra kepada mesin, terutama pada putaran tinggi. Padahal pada kecepatan tinggi radiator sudah cukup mendapat angin dari depan.

Untuk mengurangi kelemahan ini, kipas mesin dilengkapi dengan kopling visco. Kopling ini akan mengeras saat radiator sudah mulai panas sehingga mempercepat putaran kipas. Dan akan melemah jika radiator dingin sehingga kipas tidak terlalu membebani kerja mesin. Kerusakan pada kopling visco adalah makin lemah seiring bertambahnya usia.

Sedangkan kipas elektrik akan berputar cepat meski mesin dalam keadaan stasioner. Ini sangat menguntungkan saat jalan macet. Namun motor listrik pada kipas elektrik bisa rusak sehingga mengakibatkan mesin overheat. 

Hidup-matinya kipas elektrik ini diatur oleh thermoswitch  yang bekerja dengan mendeteksi suhu air pendingin. Ketika air sudah mulai panas, thermoswitch  akan memerintahkan kipas untuk hidup, sebaliknya saat air radiator sudah kembali dingin kipas dimatikan.


Water pump
 


Untuk mengalirkan air dari radiator ke blok mesin dan sebaliknya digunakan pompa air yang digerakkan oleh mesin. Pada mesin kompetisi biasanya digunakan pompa air elektrik agar tidak membebani mesin.

Kerusakan pada pompa air umumnya adalah kebocoran pada silnya. Namun bisa juga kerusakan terjadi pada bilah pompa yang korosi atau berubah bentuk sehingga mengurangi kemampuannya memompa air.

Upper dan lower hose

Slang radiator berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin. Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin.

Kerusakan pada slang radiator adalah kebocoran akibat usia. Selain itu bisa juga karena karet selang sudah lembek sehingga tidak tahan menghadapi tekanan pada slang atas atau kevakuman pada selang bawah. Jika slang bawah tidak tahan terhadap kevakuman, maka selang akan kempot dan air tidak bisa bersirkulasi.

resevoar tank

Dalam keadaan panas, tekanan pada sistem pendinginan akan bertambah. Hal ini mengakibatkan ada air yang harus keluar dari sistem yang akan ditampung oleh tangki cadangan.

Saat mesin kembali dingin, tekanan pada sistem pendinginan juga akan kembali normal sehingga perlu tambahan air yang akan diambil dari tangki cadangan. Kerusakan pada tangki cadangan adalah kebocoran atau pecah akibat benturan.

radiator cap


Titik didih air adalah 100º Celcius pada tekanan 1 atm. Untuk menaikkan titik didih air, selain dengan penggunaan coolant  juga bisa dilakukan dengan menaikkan tekanan pada sistem radiator. Besarnya tekanan inilah yang diatur oleh tutup radiator.

Besarnya tekanan dalam sistem pendingin di mobil biasanya tertulis di tutup radiator dengan angka 0,7 atau 0,9 dalam satuan bar. Artinya klep pada tutup radiator akan terbuka jika tekanan sudah melebihi angka itu dan air akan mengalir sebagian ke tangki cadangan.

Kerusakan pada tutup radiator adalah kebocoran akibat karet yang sudah getas atau pengaturan tekanan yang tidak lagi normal. Cirinya adalah jika air di tangki cadangan menjadi penuh dan tidak kembali ke radiator saat mesin dingin.

Heater AC

Pada sebagian mobil, selain pendingin kabin juga dilengkapi pemanas. Biasanya panasnya heater  ini diambil dari air radiator. Kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran pada slang penghubung blok mesin dan heater.

water jacket

Untuk mendinginkan mesin, air harus mengalir di dalam blok. Saluran-saluran tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket.  Pada mesin yang dirancang untuk iklim panas, water jacket  ini biasanya dibuat lebih lebar, sedangkan pada mobil untuk negara dingin lebih sempit.

Perbedaan inilah yang sering membuat mobil-mobil Eropa mengalami overheat,  khususnya tahun lawas. Kerusakan pada water jacket  biasanya akibat lapisan karat yang menghalangi efektivitas cairan pendingin menyerap kalor, sekaligus menghalangi alirannya.

head silinder

Selain melalui water jacket  di blok mesin, air juga melalui kepala silinder. Kerusakan pada kepala silinder adalah kebocoran kompresi yang mengakibatkan tekanan kompresi menembus air pendingin.

Gejala kerusakan ini bisa dilihat dari gelembung udara di air pendingin atau semburan air pada mulut radiator saat tutup dibuka dan mesin hidup. Kebocoran kompresi ini sering diakibatkan oleh melengkungnya kepala silinder akibat overheat  atau umur mobil.



Thermostat

Suhu kerja mesin biasanya ada sekitar 87º-95º Celcius. Jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak belangsung sempurna. Sedangkan juka terlalu tinggi, mesin bisa cepat rusak. Yang bertugas untuk menjaga suhu kerja ini adalah thermostat  yang terletak di mulut saluran air di kepala silinder.

Saat mesin dingin, thermostat  akan menutup saluran ke radiator sehingga cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin melalui saluran bypass.  Jika mesin sudah mencapai suhu kerja, thermostat  akan terbuka dan air mengalir ke radiator untuk didinginkan.

Banyak mekanik yang melepas thermostat  agar mesin lebih dingin atau mengatasi overheat.  Namun langkah ini punya dampak buruk yaitu suhu mesin jadi terlalu dingin dan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Thermostat  harus selalu terpasang dan dipastikan bekerja dengan baik.

Oil cooler

Mobil bertransmisi otomatis biasanya dilengkapi pendingin oli transmisi yang juga memanfaatkan cairan pendingin sebagai penyerap kalor. Pada mobil yang sudah berumur, sering terjadi pendingin oli ini bocor dan membuat oli tercampur dengan air. Kalau sudah begini, radiator harus diganti.

Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.

1. Gejala          : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan       : Thermoswitch  rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi              : Gantilah thermoswitch.


2. Gejala          : Mesin panas saat kecepatan tinggi
Kerusakan       : Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi:             Servis radiator atau ganti bila perlu.

3. Gejala          : Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan       : thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi              : Ganti thermostat.

4. Gejala          : Air radiator selalu berkurang
Kerusakan       : Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi              : Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.

5. Gejala          : Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan       : Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi              : Ganti tutup radiator.

6. Gejala          : Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan       : Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi              : Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.

7. Gejala          : Air radiator keruh dan berwarna coklat. 
Kerusakan       : Sistem pendingin sudah diserang karat.
Solusi              : Cobalah untuk menguras radiator, gunakan radiator flush dan isi kembali                                             dengan coolant yang berkualitas tinggi.

8. Gejala          : Kipas mesin tetap berputar kencang, baik saat mesin dingin maupun panas.
Kerusakan       : Kopling visco lemah.
Solusi              : Servis kopling visco dengan mengganti cairan silikon di dalamnya. Minta bantuan bengkel untuk melakukannya.

9. Gejala          : Mesin bertambah panas ketika mobil berjalan lambat atau di tengah kemacetan.
Kerusakan       : Kipas elektrik mati bisa jadi kipas rusak atau ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikannya.
Solusi              : Ganti kipas elektrik atau motor listrik penggeraknya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN ( cooling system )
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu.

sistem pendingin mobil ( cooling system)


BAB I
SISTEM PENDINGINAN( COOLING SYSTEM )


Kendaraaan akan mengalami panas akibat dari pembakaran bahan bakar. Walaupun sebagian efisiensi panas itu dimanfaatkan kembali oleh mesin. Mesin akan mengalami panas yang tinggi atau yang disebut over heating bila panas mesin tidak dikurangi.

Sitem pendinginan dirancang untuk menjaga efisiensi panas itu. Umumnya mesin didinginkan oleh sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan air. Mesin mobil kebanyakan menggunakan sistem pendinginan air.
Sistem pendinginan air lebih rumit, tetapi...

mempunyai banyak keuntungan , Karena ruang bakar diselimuti oleh air yang berada di water jacket maka selain mendinginkan juga berfungsi sebagai peredam bunyi
Kontruksi sistem pendinginan dilengkapi oleh water jacket, thermostat, radiator, kipas radiator, pompa air dan komponen – komponen lain pendukungnya.
Bagian-bagian cooling system serta gejala kerusakannya


Sebenarnya sistem pendinginan mesin terdiri dari banyak komponen. Namun seringkali hal ini tak disadari oleh pemilik mobil. Sehingga masalah panas mesin tak bisa diatasi dengan tuntas. Berikut komponen-komponen yang merupakan bagian dari sistem pendingin mesin.



Radiator



Bertugas sebagai perantara agar air panas dapat melepas kalornya ke udara. Dari bahannya, ada tiga jenis radiator: kuningan, tembaga dan aluminium.

Kelebihan radiator tembaga dan kuningan adalah kedua bahan ini bisa ditambal atau diperbaiki jika terjadi kebocoran. Namun kemampuannya melepas panas tidak sehebat aluminium. Sedangkan radiator aluminium agak sulit diperbaiki jika bocor. Sekarang hampir semua mobil baru menggunakan radiator aluminium.

Radiator coolant

Air merupakan zat cair yang terbaik untuk mendinginkan mesin. Namun air juga memiliki kelemahan seperti titik didih yang rendah dan bisa menyebabkan korosi.

Makanya untuk pendinginan mesin, air dicampur dengan coolant  agar titik didihnya bisa lebih tinggi dan tidak membuat korosi. Cairan pendingin yang merupakan campuran air dan radiator coolant  ini perlu diganti paling tidak setahun sekali.

Kipas radiator ( FAN  RADIATOR )



Untuk mengalirkan udara melalui kisi-kisi radiator, khususnya saat mobil berhenti, diperlukan bantuan kipas pendingin. Ada dua jenis kipas pendingin: yang digerakkan langsung oleh mesin, dan diputar oleh motor listrik.

Kelebihan kipas yang digerakkan mesin adalah kemungkinan rusaknya kecil. Tapi kelemahannya putaran kipas ini rendah saat mesin stasioner dan memberi beban ekstra kepada mesin, terutama pada putaran tinggi. Padahal pada kecepatan tinggi radiator sudah cukup mendapat angin dari depan.

Untuk mengurangi kelemahan ini, kipas mesin dilengkapi dengan kopling visco. Kopling ini akan mengeras saat radiator sudah mulai panas sehingga mempercepat putaran kipas. Dan akan melemah jika radiator dingin sehingga kipas tidak terlalu membebani kerja mesin. Kerusakan pada kopling visco adalah makin lemah seiring bertambahnya usia.

Sedangkan kipas elektrik akan berputar cepat meski mesin dalam keadaan stasioner. Ini sangat menguntungkan saat jalan macet. Namun motor listrik pada kipas elektrik bisa rusak sehingga mengakibatkan mesin overheat. 

Hidup-matinya kipas elektrik ini diatur oleh thermoswitch  yang bekerja dengan mendeteksi suhu air pendingin. Ketika air sudah mulai panas, thermoswitch  akan memerintahkan kipas untuk hidup, sebaliknya saat air radiator sudah kembali dingin kipas dimatikan.


Water pump
 


Untuk mengalirkan air dari radiator ke blok mesin dan sebaliknya digunakan pompa air yang digerakkan oleh mesin. Pada mesin kompetisi biasanya digunakan pompa air elektrik agar tidak membebani mesin.

Kerusakan pada pompa air umumnya adalah kebocoran pada silnya. Namun bisa juga kerusakan terjadi pada bilah pompa yang korosi atau berubah bentuk sehingga mengurangi kemampuannya memompa air.

Upper dan lower hose

Slang radiator berfungsi sebagai penghubung antara radiator dan blok mesin. Ada dua slang di radiator, Upper hose berfungsi mengalirkan air panas dari mesin ke radiator. Sedangkan lower hose untuk menyalurkan air yang sudah didinginkan kembali ke mesin.

Kerusakan pada slang radiator adalah kebocoran akibat usia. Selain itu bisa juga karena karet selang sudah lembek sehingga tidak tahan menghadapi tekanan pada slang atas atau kevakuman pada selang bawah. Jika slang bawah tidak tahan terhadap kevakuman, maka selang akan kempot dan air tidak bisa bersirkulasi.

resevoar tank

Dalam keadaan panas, tekanan pada sistem pendinginan akan bertambah. Hal ini mengakibatkan ada air yang harus keluar dari sistem yang akan ditampung oleh tangki cadangan.

Saat mesin kembali dingin, tekanan pada sistem pendinginan juga akan kembali normal sehingga perlu tambahan air yang akan diambil dari tangki cadangan. Kerusakan pada tangki cadangan adalah kebocoran atau pecah akibat benturan.

radiator cap


Titik didih air adalah 100º Celcius pada tekanan 1 atm. Untuk menaikkan titik didih air, selain dengan penggunaan coolant  juga bisa dilakukan dengan menaikkan tekanan pada sistem radiator. Besarnya tekanan inilah yang diatur oleh tutup radiator.

Besarnya tekanan dalam sistem pendingin di mobil biasanya tertulis di tutup radiator dengan angka 0,7 atau 0,9 dalam satuan bar. Artinya klep pada tutup radiator akan terbuka jika tekanan sudah melebihi angka itu dan air akan mengalir sebagian ke tangki cadangan.

Kerusakan pada tutup radiator adalah kebocoran akibat karet yang sudah getas atau pengaturan tekanan yang tidak lagi normal. Cirinya adalah jika air di tangki cadangan menjadi penuh dan tidak kembali ke radiator saat mesin dingin.

Heater AC

Pada sebagian mobil, selain pendingin kabin juga dilengkapi pemanas. Biasanya panasnya heater  ini diambil dari air radiator. Kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran pada slang penghubung blok mesin dan heater.

water jacket

Untuk mendinginkan mesin, air harus mengalir di dalam blok. Saluran-saluran tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket.  Pada mesin yang dirancang untuk iklim panas, water jacket  ini biasanya dibuat lebih lebar, sedangkan pada mobil untuk negara dingin lebih sempit.

Perbedaan inilah yang sering membuat mobil-mobil Eropa mengalami overheat,  khususnya tahun lawas. Kerusakan pada water jacket  biasanya akibat lapisan karat yang menghalangi efektivitas cairan pendingin menyerap kalor, sekaligus menghalangi alirannya.

head silinder

Selain melalui water jacket  di blok mesin, air juga melalui kepala silinder. Kerusakan pada kepala silinder adalah kebocoran kompresi yang mengakibatkan tekanan kompresi menembus air pendingin.

Gejala kerusakan ini bisa dilihat dari gelembung udara di air pendingin atau semburan air pada mulut radiator saat tutup dibuka dan mesin hidup. Kebocoran kompresi ini sering diakibatkan oleh melengkungnya kepala silinder akibat overheat  atau umur mobil.



Thermostat

Suhu kerja mesin biasanya ada sekitar 87º-95º Celcius. Jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak belangsung sempurna. Sedangkan juka terlalu tinggi, mesin bisa cepat rusak. Yang bertugas untuk menjaga suhu kerja ini adalah thermostat  yang terletak di mulut saluran air di kepala silinder.

Saat mesin dingin, thermostat  akan menutup saluran ke radiator sehingga cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin melalui saluran bypass.  Jika mesin sudah mencapai suhu kerja, thermostat  akan terbuka dan air mengalir ke radiator untuk didinginkan.

Banyak mekanik yang melepas thermostat  agar mesin lebih dingin atau mengatasi overheat.  Namun langkah ini punya dampak buruk yaitu suhu mesin jadi terlalu dingin dan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Thermostat  harus selalu terpasang dan dipastikan bekerja dengan baik.

Oil cooler

Mobil bertransmisi otomatis biasanya dilengkapi pendingin oli transmisi yang juga memanfaatkan cairan pendingin sebagai penyerap kalor. Pada mobil yang sudah berumur, sering terjadi pendingin oli ini bocor dan membuat oli tercampur dengan air. Kalau sudah begini, radiator harus diganti.

Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.

1. Gejala          : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan       : Thermoswitch  rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi              : Gantilah thermoswitch.


2. Gejala          : Mesin panas saat kecepatan tinggi
Kerusakan       : Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi:             Servis radiator atau ganti bila perlu.

3. Gejala          : Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan       : thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi              : Ganti thermostat.

4. Gejala          : Air radiator selalu berkurang
Kerusakan       : Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi              : Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.

5. Gejala          : Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan       : Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi              : Ganti tutup radiator.

6. Gejala          : Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan       : Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi              : Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.

7. Gejala          : Air radiator keruh dan berwarna coklat. 
Kerusakan       : Sistem pendingin sudah diserang karat.
Solusi              : Cobalah untuk menguras radiator, gunakan radiator flush dan isi kembali                                             dengan coolant yang berkualitas tinggi.

8. Gejala          : Kipas mesin tetap berputar kencang, baik saat mesin dingin maupun panas.
Kerusakan       : Kopling visco lemah.
Solusi              : Servis kopling visco dengan mengganti cairan silikon di dalamnya. Minta bantuan bengkel untuk melakukannya.

9. Gejala          : Mesin bertambah panas ketika mobil berjalan lambat atau di tengah kemacetan.
Kerusakan       : Kipas elektrik mati bisa jadi kipas rusak atau ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikannya.
Solusi              : Ganti kipas elektrik atau motor listrik penggeraknya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN ( cooling system )
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu. tekanan yang tidak lagi normal. Cirinya adalah jika air di tangki cadangan menjadi penuh dan tidak kembali ke radiator saat mesin dingin.

Heater AC

Pada sebagian mobil, selain pendingin kabin juga dilengkapi pemanas. Biasanya panasnya heater  ini diambil dari air radiator. Kerusakan yang sering terjadi adalah kebocoran pada slang penghubung blok mesin dan heater.

water jacket

Untuk mendinginkan mesin, air harus mengalir di dalam blok. Saluran-saluran tempat air mengalir di blok mesin ini dinamakan water jacket.  Pada mesin yang dirancang untuk iklim panas, water jacket  ini biasanya dibuat lebih lebar, sedangkan pada mobil untuk negara dingin lebih sempit.

Perbedaan inilah yang sering membuat mobil-mobil Eropa mengalami overheat,  khususnya tahun lawas. Kerusakan pada water jacket  biasanya akibat lapisan karat yang menghalangi efektivitas cairan pendingin menyerap kalor, sekaligus menghalangi alirannya.

head silinder

Selain melalui water jacket  di blok mesin, air juga melalui kepala silinder. Kerusakan pada kepala silinder adalah kebocoran kompresi yang mengakibatkan tekanan kompresi menembus air pendingin.

Gejala kerusakan ini bisa dilihat dari gelembung udara di air pendingin atau semburan air pada mulut radiator saat tutup dibuka dan mesin hidup. Kebocoran kompresi ini sering diakibatkan oleh melengkungnya kepala silinder akibat overheat  atau umur mobil.



Thermostat

Suhu kerja mesin biasanya ada sekitar 87º-95º Celcius. Jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak belangsung sempurna. Sedangkan juka terlalu tinggi, mesin bisa cepat rusak. Yang bertugas untuk menjaga suhu kerja ini adalah thermostat  yang terletak di mulut saluran air di kepala silinder.

Saat mesin dingin, thermostat  akan menutup saluran ke radiator sehingga cairan pendingin akan mengalir kembali ke blok mesin melalui saluran bypass.  Jika mesin sudah mencapai suhu kerja, thermostat  akan terbuka dan air mengalir ke radiator untuk didinginkan.

Banyak mekanik yang melepas thermostat  agar mesin lebih dingin atau mengatasi overheat.  Namun langkah ini punya dampak buruk yaitu suhu mesin jadi terlalu dingin dan mengakibatkan pembakaran tidak sempurna. Thermostat  harus selalu terpasang dan dipastikan bekerja dengan baik.

Oil cooler

Mobil bertransmisi otomatis biasanya dilengkapi pendingin oli transmisi yang juga memanfaatkan cairan pendingin sebagai penyerap kalor. Pada mobil yang sudah berumur, sering terjadi pendingin oli ini bocor dan membuat oli tercampur dengan air. Kalau sudah begini, radiator harus diganti.

Kemungkinan kerusakan dilihat dari gejalanya
Kerusakan pada sistem pendingin mesin bisa dideteksi dari beberapa gejala berikut.

1. Gejala          : Mesin panas saat AC mati
Kerusakan       : Thermoswitch  rusak sehingga kipas elektrik tidak hidup saat mesin panas. Kipas akan hidup hanya saat AC hidup.
Solusi              : Gantilah thermoswitch.


2. Gejala          : Mesin panas saat kecepatan tinggi
Kerusakan       : Radiator mampat sehingga tidak mampu mendinginkan air yang lebih panas saat mesin bekerja keras.
Solusi:             Servis radiator atau ganti bila perlu.

3. Gejala          : Mesin terlalu dingin meski sudah berjalan jauh.
Kerusakan       : thermostat terus terbuka karena macet.
Solusi              : Ganti thermostat.

4. Gejala          : Air radiator selalu berkurang
Kerusakan       : Terjadi kebocoran pada sistem pendingin.
Solusi              : Carilah kebocoran dengan seksama dalam keadaan mesin hidup.

5. Gejala          : Air di tangki cadangan menjadi penuh namun yang di radiator berkurang
Kerusakan       : Kemungkinan besar pengatur tekanan radiator rusak.
Solusi              : Ganti tutup radiator.

6. Gejala          : Keluar gelembung udara dari dalam radiator saat mesin hidup
Kerusakan       : Terjadi kebocoran kompresi.
Solusi              : Mintalah bengkel langganan untuk mengatasinya.

7. Gejala          : Air radiator keruh dan berwarna coklat. 
Kerusakan       : Sistem pendingin sudah diserang karat.
Solusi              : Cobalah untuk menguras radiator, gunakan radiator flush dan isi kembali                                             dengan coolant yang berkualitas tinggi.

8. Gejala          : Kipas mesin tetap berputar kencang, baik saat mesin dingin maupun panas.
Kerusakan       : Kopling visco lemah.
Solusi              : Servis kopling visco dengan mengganti cairan silikon di dalamnya. Minta bantuan bengkel untuk melakukannya.

9. Gejala          : Mesin bertambah panas ketika mobil berjalan lambat atau di tengah kemacetan.
Kerusakan       : Kipas elektrik mati bisa jadi kipas rusak atau ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikannya.
Solusi              : Ganti kipas elektrik atau motor listrik penggeraknya.
CARA KERJA SISTEM PENDINGINAN ( cooling system )
Air pendingin bersirkulasi di water jacket untuk mendinginkan mesin yang panas itu. Ketika air pendingin telah panas maka air pendingin itu akan masuk ke radiator setelah melalui thermostat yang mengaturnya. Di radiator air pendingin yang panas itu akan didinginkan oleh kipas radiator dan sirip-sirip radiator dan ketika proses pendinginan telah selesai maka akan menuju kembali ke mesin untuk mendinginkan mesin. Pompa air mempercepat proses pendinginan itu.

Apa itu Sistem Pendingin?

Sebuah kendaraan 4/3 silinder jelajah yang khas di sepanjang jalan raya sekitar 50 mil per jam, akan menghasilkan ledakan dikontrol 4000 per menit di dalam mesin seperti busi membakar bahan bakar dalam silinder masing-masing untuk menggerakkan kendaraan di jalan. Jelas, ledakan ini menghasilkan sejumlah besar panas dan, jika tidak dikendalikan, akan merusak mesin dalam hitungan menit. Mengontrol suhu tinggi adalah tugas dari sistem pendingin.
Sistem pendingin modern tidak banyak berubah dari sistem pendingin di belakang model T di '20s. Oh, tentu, telah menjadi jauh lebih handal dan efisien dalam melakukan pekerjaan itu, namun sistem pendingin dasar masih terdiri dari cairan pendingin yang beredar melalui mesin, lalu keluar ke radiator untuk didinginkan oleh aliran udara yang datang melalui grill depan dari kendaraan.
Sistem pendingin saat ini harus mempertahankan mesin pada suhu konstan apakah suhu udara luar adalah 110 derajat Fahrenheit atau 10 di bawah nol. Jika suhu mesin terlalu rendah, ekonomi bahan bakar akan menderita dan emisi akan meningkat. Jika suhu diperbolehkan untuk terlalu panas terlalu lama, mesin akan merusak diri sendiri.

Bagaimana Kerja Sistem Pendingin?

Sebenarnya, ada dua jenis sistem pendingin ditemukan pada kendaraan bermotor: Cair didinginkan udara. Mesin pendingin udara yang ditemukan pada beberapa mobil tua, seperti Volkswagen Beetle asli, Corvair Chevrolet dan beberapa lainnya. Sepeda motor modern masih menggunakan pendingin udara, tetapi untuk sebagian besar, mobil dan truk menggunakan sistem liquid cooled dan itulah yang artikel ini akan berkonsentrasi membahasnya.
Sistem pendingin terdiri dari bagian-bagian di dalam blok mesin dan kepala, pompa air untuk mengedarkan pendingin, termostat untuk mengendalikan suhu pendingin, radiator untuk mendinginkan pendingin, sebuah tutup radiator untuk mengontrol tekanan dalam sistem, dan beberapa pipa yang terdiri dari selang interkoneksi untuk mentransfer pendingin dari mesin ke radiator dan juga untuk sistem pemanas pendingin mobil, mana panas digunakan untuk pemanasan interior kendaraan di cuaca yang dingin.
Sebuah sistem pendingin bekerja dengan mengirimkan pendingin cairan melalui bagian dalam blok mesin dan kepala. Sebagai pendingin mengalir melalui bagian ini, itu mengambil panas dari mesin. Cairan dipanaskan kemudian membuat jalan melalui selang karet untuk radiator di depan mobil. Seperti mengalir melalui tabung tipis di radiator, cairan panas didinginkan oleh aliran udara yang masuk ke kompartemen mesin dari panggangan di depan mobil. Setelah cairan didinginkan, ia kembali ke mesin untuk menyerap panas lebih banyak. Pompa air memiliki tugas menjaga fluida bergerak melalui sistem pipa dan bagian-bagian tersembunyi.
Termostat adalah ditempatkan di antara mesin dan radiator untuk memastikan bahwa pendingin tetap di atas suhu yang telah ditetapkan tertentu. Jika suhu pendingin turun di bawah suhu ini, termostat blok aliran pendingin ke radiator, memaksa cairan bukan melalui memotong langsung kembali ke mesin. Pendingin akan terus beredar seperti ini sampai mencapai suhu desain, di mana titik, termostat akan membuka katup dan membiarkan pendingin kembali melalui radiator.
Dalam rangka untuk mencegah pendingin dari mendidih, sistem pendingin ini dirancang untuk menjadi bertekanan. Di bawah tekanan, titik didih pendingin dinaikkan jauh. Namun, terlalu banyak tekanan akan menyebabkan selang dan bagian lain untuk meledak, sehingga sistem diperlukan untuk mengurangi tekanan jika melebihi titik tertentu. Tugas mempertahankan tekanan dalam sistem pendingin milik tutup radiator. Tutup dirancang untuk melepaskan tekanan jika mencapai batas atas ditentukan bahwa sistem dirancang untuk menangani. Sebelum tahun 70-an, tutup akan rilis ini tekanan ekstra ke trotoar. Sejak itu, sistem ditambahkan untuk menangkap cairan dirilis dan menyimpannya sementara dalam tangki cadangan. Cairan ini kemudian akan kembali ke sistem pendingin setelah mesin dingin. Ini adalah apa yang disebut sistem pendingin tertutup.

Sirkulasi
Pendingin mengikuti jalur yang mengambil dari pompa air, melalui saluran di dalam blok mesin di mana ia mengumpulkan panas yang dihasilkan oleh silinder. Ini kemudian mengalir sampai ke kepala silinder (atau kepala dalam mesin tipe V) di mana ia mengumpulkan lebih banyak panas dari ruang pembakaran. Hal ini kemudian mengalir keluar melewati thermostat (jika thermostat dibuka untuk memungkinkan cairan untuk lulus), melalui selang radiator atas dan ke radiator. Pendingin mengalir melalui tabung diratakan tipis yang membentuk inti dari radiator dan didinginkan oleh aliran udara melalui radiator. Dari sana, mengalir keluar dari radiator, melalui selang radiator bawah dan kembali ke pompa air. Pada saat ini, pendingin didinginkan off dan siap untuk mengumpulkan lebih banyak panas dari mesin.
Kapasitas dari sistem ini adalah rekayasa untuk jenis dan ukuran dari mesin dan beban kerja yang diharapkan untuk menjalani. Jelas, sistem pendingin untuk mesin, V8 yang lebih besar lebih kuat dalam kendaraan berat akan membutuhkan kapasitas jauh lebih kemudian sebuah mobil kompak dengan mesin 4 silinder kecil. Pada kendaraan besar, radiator lebih besar dengan tabung lebih banyak untuk pendingin mengalir melalui. Radiator juga lebih luas dan lebih tinggi untuk menangkap aliran udara yang lebih masuk kendaraan dari panggangan di depan.

Antibeku
Pendingin bahwa program melalui mesin dan pipa yang terkait harus mampu menahan suhu di bawah nol tanpa titik beku. Hal ini juga harus mampu menangani temperatur mesin lebih dari 250 derajat tanpa mendidih. Sebuah tinggi untuk cairan apapun, tapi itu tidak semua. Cairan tersebut juga harus memuat inhibiters karat dan pelumas.
Pendingin dalam kendaraan saat ini adalah campuran dari etilena glikol (antibeku) dan air. Rasio yang disarankan adalah fifty-fifty. Dengan kata lain, satu bagian antibeku dan satu bagian air. Ini adalah minimum yang direkomendasikan untuk digunakan dalam mesin mobil. Antibeku kurang dan titik didih akan terlalu rendah. Dalam iklim tertentu di mana suhu bisa di bawah nol, maka dibolehkan untuk memiliki sebanyak 75 antibeku% dan air 25%, tetapi tidak lebih dari itu. Antibeku murni tidak akan bekerja dengan baik dan dapat menyebabkan mendidih di atas.
Antibeku beracun dan harus dijauhkan dari orang-orang dan hewan, terutama anjing dan kucing, yang tertarik dengan rasa manis. Glikol Etilena, jika tertelan, akan membentuk kristal kalsium oksalat di ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut dan kematian.

Komponen-komponen Sistem Pendingin

  • Radiator 
  • Radiator Cooling Fans
  • Tekanan Tank Cap & Cadangan
  • Pompa air
  • Termostat
  • Sistem Bypass
  • Freeze Plug
  • Kepala Gasket Paking Intake Manifold
  • Heater Inti
  • Selang
Radiator
Inti radiator biasanya terbuat dari tabung aluminium diratakan dengan strip aluminium yang zigzag antara tabung. Sirip-sirip transfer panas dalam tabung ke dalam aliran udara untuk dibawa pergi dari kendaraan. Pada setiap akhir inti radiator tangki, biasanya terbuat dari plastik yang menutupi ujung radiator,
Pada radiator paling modern, tabung dijalankan horizontal dengan tangki plastik di kedua sisi. Pada mobil lain, tabung dijalankan secara vertikal dengan tangki di bagian atas dan bawah. Pada kendaraan yang lebih tua, inti terbuat dari tembaga dan tank-tank itu kuningan. Sistem aluminium-plastik baru jauh lebih efisien, belum lagi murah untuk diproduksi. Pada akhir radiator dengan topi plastik, ada gasket antara inti aluminium dan tank plastik untuk menutup sistem dan menjaga cairan dari bocor keluar. Pada radiator tembaga dan kuningan lebih tua, tank-tank itu dibrazing (bentuk las) dalam rangka untuk menutup radiator.
Tank-tank, apakah plastik atau kuningan, masing-masing memiliki sambungan selang yang besar, satu dipasang ke arah atas radiator untuk membiarkan pendingin dalam, dipasang lain di bagian bawah radiator pada tangki yang lain untuk membiarkan pendingin kembali. Di atas radiator pembukaan tambahan yang capped off oleh tutup radiator. Lebih lanjut tentang ini nanti.
Komponen lain dalam radiator untuk kendaraan dengan transmisi otomatis adalah tangki terpisah dipasang di dalam salah satu tangki. Kelengkapan menghubungkan tangki batin melalui tabung baja untuk transmisi otomatis. Cairan transmisi disalurkan melalui tangki ini di dalam tangki harus didinginkan oleh pendingin mengalir melewatinya sebelum mengembalikan transmisi.

Radiator Fans
Dipasang di belakang radiator pada sisi paling dekat ke mesin adalah satu atau dua kipas listrik di dalam perumahan yang dirancang untuk melindungi jari-jari dan untuk mengarahkan aliran udara. Ini fans yang ada untuk menjaga aliran udara melalui radiator saat kendaraan akan lambat atau berhenti dengan mesin menyala. Jika ini fans berhenti bekerja, setiap kali Anda berhenti, suhu mesin akan mulai naik. Pada sistem lama, kipas terhubung ke depan pompa air dan akan berputar setiap kali mesin itu berjalan karena digerakkan oleh sabuk kipas bukan sebuah motor listrik. Dalam kasus ini, jika driver akan melihat mesin mulai berjalan panas di berhenti dan pergi mengemudi, pengemudi mungkin menempatkan mobil di netral dan putaran mesin untuk menghidupkan kipas angin cepat yang membantu mendinginkan mesin. Racing mesin pada mobil dengan kipas listrik rusak hanya akan membuat hal-hal buruk karena Anda memproduksi lebih panas di radiator tanpa kipas untuk mendinginkan it off.
Para penggemar listrik dikendalikan oleh komputer kendaraan. Sebuah sensor suhu memonitor suhu mesin dan mengirimkan informasi ini ke komputer. Komputer menentukan apakah kipas harus diaktifkan dan menggerakkan relay kipas jika aliran udara tambahan melalui radiator diperlukan.
Jika mobil memiliki AC, ada radiator tambahan dipasang di depan radiator yang normal. Ini "radiator" disebut kondensor AC, yang juga perlu didinginkan oleh aliran udara yang masuk ke kompartemen mesin. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang kondensor AC dengan pergi ke artikel kami di >penyejuk udara Otomotif Selama AC dihidupkan, sistem akan tetap kipas berjalan, bahkan jika mesin tidak berjalan panas. Hal ini karena jika tidak ada aliran udara melalui kondensor AC, pendingin udara tidak akan mampu untuk mendinginkan udara yang masuk interior.

Tekanan topi dan cadangan tangki
Sebagai pendingin menjadi panas, mengembang. Karena sistem pendingin tertutup, ekspansi ini menyebabkan peningkatan tekanan dalam sistem pendingin, yang normal dan bagian dari desain. Ketika pendingin berada di bawah tekanan, suhu di mana cairan mulai mendidih jauh lebih tinggi. Tekanan ini, ditambah dengan titik didih lebih tinggi dari etilena glikol, memungkinkan pendingin untuk mencapai suhu aman lebih dari 250 derajat.
Tutup tekanan radiator adalah perangkat sederhana yang akan mempertahankan tekanan dalam sistem pendinginan sampai titik tertentu. Jika tekanan menumpuk lebih tinggi dari titik tekanan yang ditetapkan, ada katup pegas dimuat, dikalibrasi dengan benar Pounds per inci persegi (psi), untuk melepaskan tekanan.
Ketika tekanan sistem pendingin mencapai titik di mana topi perlu rilis ini tekanan berlebih, sejumlah kecil pendingin berdarah off. Ini bisa terjadi selama berhenti dan pergi lalu lintas di hari yang sangat panas, atau jika sistem pendingin yang rusak. Jika tidak melepaskan tekanan pada kondisi ini, ada sistem di tempat untuk menangkap pendingin dirilis dan menyimpannya dalam tangki plastik yang biasanya tidak bertekanan. Karena sekarang ada pendingin kurang dalam sistem, sebagai mesin dingin vakum parsial terbentuk. Tutup radiator pada sistem tertutup ini memiliki katup sekunder untuk memungkinkan vakum dalam sistem pendingin pendingin untuk menarik kembali ke radiator dari tangki cadangan (seperti menarik plunger kembali jarum suntik) Biasanya ada tanda-tanda di sisi tangki plastik ditandai Kendali-Dingin, dan Full Hot. Ketika mesin pada suhu operasi normal, pendingin dalam tangki cadangan tembus harus sampai ke garis Kendali-Hot. Setelah mesin telah duduk selama beberapa jam dan dingin untuk menyentuh, pendingin harus di garis Kendali-Dingin.

Pompa air
Sebuah pompa air adalah perangkat sederhana yang akan membuat pendingin bergerak selama mesin berjalan. Hal ini biasanya dipasang di bagian depan mesin dan ternyata setiap kali mesin berjalan. Pompa air yang digerakkan oleh mesin melalui salah satu dari berikut:
  • Sebuah sabuk kipas yang juga akan bertanggung jawab untuk mengemudi komponen tambahan seperti alternator atau pompa power steering
  • Sebuah sabuk ular, yang juga drive alternator, daya pompa steering dan kompresor AC antara lain.
  • Timing belt yang juga bertanggung jawab untuk mengemudi satu atau lebih camshafts.
Pompa air terdiri dari perumahan, biasanya terbuat dari besi cor atau aluminium cor dan impeller dipasang pada poros berputar dengan katrol poros melekat pada bagian luar tubuh pompa. Sebuah segel menjaga cairan dari bocor keluar dari perumahan melewati poros pompa berputar. Impeller menggunakan gaya sentrifugal untuk menarik pendingin dalam radiator dari selang bawah dan mengirimkannya bawah tekanan ke dalam blok mesin. Ada gasket untuk menutup pompa air ke blok mesin dan mencegah pendingin mengalir dari bocor keluar mana pompa terpasang untuk memblokir ..

Termostat
Thermostat hanyalah sebuah katup yang mengukur suhu pendingin dan, jika itu cukup panas, terbuka untuk memungkinkan pendingin mengalir melalui radiator. Jika pendingin tidak cukup panas, aliran ke radiator diblokir dan cairan diarahkan ke sistem bypass yang memungkinkan pendingin untuk kembali langsung kembali ke mesin. Sistem pendingin memotong memungkinkan untuk terus bergerak melalui mesin untuk menyeimbangkan suhu dan menghindari hot spot. Karena mengalir ke radiator diblokir, mesin akan mencapai suhu operasi lebih cepat dan, di hari yang dingin, akan memungkinkan pemanas untuk mulai memasok udara panas ke pedalaman lebih cepat.
Sejak tahun 1970, termostat telah dikalibrasi untuk menjaga suhu pendingin di atas 192-195 derajat. Sebelum itu, 180 derajat termostat adalah norma. Ditemukan bahwa jika mesin yang diperbolehkan untuk berjalan pada suhu panas, emisi berkurang, uap air kondensasi di dalam mesin cepat dibakar memperpanjang umur mesin, dan pembakaran yang lebih lengkap yang meningkatkan ekonomi bahan bakar.
Inti dari termostat adalah secangkir tembaga disegel yang berisi lilin dan pelet logam. Sebagai termostat memanas, lilin panas mengembang, mendorong piston terhadap tekanan pegas untuk membuka katup dan membiarkan pendingin beredar.
Thermostat biasanya terletak di bagian, bagian atas depan mesin di perumahan outlet air yang juga berfungsi sebagai titik koneksi untuk selang radiator atas. Perumahan termostat menempel pada mesin, biasanya dengan dua baut dan gasket untuk menutup melawan kebocoran. Paking biasanya terbuat dari kertas tebal atau karet cincin O digunakan. Dalam beberapa aplikasi, tidak ada gasket atau seal karet. Sebaliknya, manik-manik tipis silikon sealer khusus diperas dari tabung untuk membentuk segel.
Ada keyakinan keliru oleh sebagian orang bahwa jika mereka menghilangkan thermostat, mereka akan mampu memecahkan sulit untuk menemukan masalah overheating. Ini tidak bisa lebih jauh dari kebenaran. Menghapus termostat akan memungkinkan sirkulasi pendingin tidak terkendali dari seluruh sistem. Hal ini dimungkinkan untuk pendingin untuk bergerak begitu cepat, bahwa itu tidak akan benar didinginkan karena ras melalui radiator, sehingga mesin dapat berjalan lebih panas dari sebelumnya dalam kondisi tertentu. Lain kali, mesin tidak akan pernah mencapai suhu operasi. Pada kendaraan yang dikendalikan komputer, komputer monitor suhu mesin dan mengatur penggunaan bahan bakar berdasarkan suhu tersebut. Jika mesin tidak pernah mencapai suhu operasi, ekonomi bahan bakar dan kinerja akan menderita jauh.

Sistem Bypass
Ini adalah bagian yang memungkinkan pendingin untuk memotong radiator dan kembali langsung kembali ke mesin. Beberapa mesin menggunakan selang karet, atau tabung baja tetap. Di mesin lain, ada cast dalam bagian dibangun ke dalam pompa air atau depan perumahan. Dalam kasus apapun, ketika termostat tertutup, pendingin diarahkan untuk melewati ini dan disalurkan kembali ke pompa air, yang mengirimkan pendingin kembali ke mesin tanpa didinginkan oleh radiator.

Freeze Plug
Ketika sebuah blok mesin diproduksi, pasir khusus dibentuk untuk bentuk bagian pendingin di blok mesin. Ini patung pasir diposisikan di dalam cetakan dan besi atau aluminium cair dituang untuk membentuk blok mesin. Ketika casting didinginkan, pasir dilepas dan dikeluarkan melalui lubang di blok mesin pengecoran meninggalkan bagian-bagian yang pendingin mengalir melalui. Jelas, jika kita tidak menyumbat lubang ini, pendingin akan mencurahkan langsung keluar.
Memasukkan lubang ini adalah tugas dari plug-beku keluar. Ini plugs adalah baja cakram atau cangkir yang tekan masuk dalam lubang di sisi blok mesin dan biasanya terakhir kehidupan dari mesin tanpa masalah. Tapi ada alasan mereka disebut beku-out plugs. Pada hari-hari awal, banyak orang menggunakan air biasa dalam mesin mereka, biasanya setelah mengganti selang pendingin pecah atau memperbaiki sistem lainnya. "Ini adalah musim panas dan saya akan menggantikan air dengan antibeku ketika cuaca mulai berubah".
Tak perlu dikatakan, orang yang pelupa dan banyak motor mengalami nasib pembekuan air di dalam blok. Sering kali, ketika ini terjadi tekanan dari pembekuan air dan memperluas memaksa beku-keluar colokan untuk pop keluar, menghilangkan tekanan dan menyimpan blok mesin dari cracking. (Meskipun, seperti yang sering mesin retak pula). Alasan lain untuk colokan untuk gagal adalah fakta bahwa mereka terbuat dari baja dan akan dengan mudah karat melalui jika pemilik kendaraan ceroboh tentang menjaga sistem pendingin. Inhibitor karat antibeku telah di rumus untuk mencegah hal ini terjadi, tapi bahan kimia tersebut akan kehilangan efeknya setelah 3 tahun, yang mengapa antibeku perlu diubah secara berkala. Kenyataan bahwa sebagian orang meninggalkan air biasa dalam mesin mereka sangat mempercepat karat ini busi membeku.
Ketika plug beku menjadi begitu berkarat itu perforates, Anda memiliki kebocoran pendingin yang harus diperbaiki dengan mengganti steker keluar membekukan berkarat dengan yang baru. Pekerjaan ini berkisar dari cukup mudah untuk sangat sulit tergantung pada lokasi dari plug beku terpengaruh. Freeze plugs terletak di sisi mesin, biasanya 3 atau 4 per sisi. Ada juga membekukan colokan di belakang mesin pada beberapa model dan juga pada kepala.
Selama Anda baik tentang menjaga sistem pendingin, Anda tak perlu khawatir tentang ini colokan gagal pada kendaraan modern

Kepala Paking Gasket Intake Manifold
Semua mesin pembakaran internal memiliki blok mesin dan satu atau dua kepala silinder. Permukaan kawin dimana blok dan kepala bertemu adalah mesin datar untuk dekat, cocok presisi, tetapi tidak ada jumlah mesin yang teliti akan memungkinkan mereka untuk benar-benar ketat atau air dapat menahan gas pembakaran dari masa lalu melarikan diri permukaan kawin.
Dalam rangka untuk menutup blok ke kepala, kita menggunakan paking kepala. Gasket kepala memiliki beberapa hal yang dibutuhkan untuk menutup melawan. Hal utama adalah tekanan pembakaran pada silinder masing-masing. Minyak dan pendingin harus mengalir dengan mudah antara blok dan kepala dan itu adalah tugas dari paking kepala untuk menjaga cairan dari bocor keluar atau ke dalam ruang pembakaran, atau satu sama lain dalam hal ini.
Sebuah paking kepala khas biasanya terbuat dari lembaran logam yang lembut yang dicap dengan pegunungan yang mengelilingi semua titik kebocoran. Ketika kepala ditempatkan di blok, paking kepala terjepit di antara mereka. Banyak baut, baut yang disebut kepala disekrup dan diperketat bawah menyebabkan paking kepala untuk menghancurkan dan membentuk segel ketat antara blok dan kepala.
Gasket kepala biasanya gagal jika mesin terlalu panas untuk jangka waktu yang berkelanjutan menyebabkan kepala silinder melengkung dan melepaskan tekanan pada paking kepala. Hal ini paling umum pada mesin dengan kepala aluminium cor, yang sekarang hampir semua mesin modern.
Setelah pendingin atau pembakaran gas bocor masa lalu paking kepala, bahan paking biasanya yang rusak ke titik di mana ia tidak akan lagi memegang segel. Hal ini menyebabkan kebocoran di daerah beberapa kemungkinan. Sebagai contoh:
  • pembakaran gas bisa bocor ke saluran pendingin menyebabkan tekanan yang berlebihan dalam sistem pendingin.
  • pendingin bisa bocor ke ruang pembakaran menyebabkan pendingin untuk melarikan diri melalui sistem pembuangan, sering menyebabkan awan putih asap di knalpot.
  • Masalah lain seperti minyak pencampuran dengan pendingin atau dibakar keluar knalpot juga mungkin.
Beberapa mesin lebih rentan terhadap kegagalan kepala paking daripada yang lain. Saya telah melihat gasket kepala ditiup pada mesin yang baru mulai terlalu panas dan berjalan panas kurang dari 5 menit. Saran terbaik yang bisa saya berikan adalah, jika mesin menunjukkan tanda-tanda overheating, mencari tempat untuk menepi dan menutup mesin off secepat mungkin.
Kepala gasket sendiri relatif murah, tetapi tenaga kerja yang pembunuhnya. Sebuah penggantian paking kepala khas adalah pekerjaan beberapa jam di mana bagian atas mesin harus benar-benar dibongkar. Pekerjaan ini dapat dengan mudah mencapai, 000 atau lebih.
Pada mesin tipe V, ada dua kepala, yang berarti dua gasket kepala. Sementara tenaga kerja tidak akan ganda jika kedua gasket kepala perlu diganti, mungkin akan menambah tenaga 30% lebih baik untuk menggantikan keduanya. Jika hanya satu paking kepala telah gagal, biasanya tidak perlu mengganti kedua, tetapi dapat ditambahkan asuransi untuk mendapatkan keduanya dilakukan sekaligus.
Sebuah penggantian paking kepala dimulai dengan diagnosis bahwa paking kepala telah gagal. Tidak ada cara bagi seorang teknisi untuk mengetahui secara pasti apakah ada kerusakan tambahan pada kepala silinder atau komponen lain tanpa terlebih dahulu membongkar mesin. Yang ia tahu adalah bahwa cairan dan / atau pembakaran tidak sedang mengandung.
Salah satu cara untuk mengetahui apakah paking kepala telah gagal adalah melalui tes kebocoran pembakaran pada radiator. Ini adalah uji kimia yang menentukan jika ada pembakaran gas dalam pendingin mesin. Cara lain adalah dengan menghapus busi dan engkol mesin saat menonton untuk menyemprotkan air dari satu atau lebih lubang busi. Setelah teknisi telah menentukan bahwa paking kepala harus diganti, perkiraan diberikan untuk suku cadang dan tenaga kerja. Teknisi kemudian akan menjelaskan bahwa mungkin ada biaya tambahan setelah mesin dibuka jika kerusakan lebih ditemukan.

Heater Inti
Pendingin panas juga digunakan untuk menyediakan panas untuk interior kendaraan bila diperlukan. Ini adalah sistem sederhana dan lurus ke depan yang meliputi inti pemanas, yang terlihat seperti kecil versi radiator, terhubung ke sistem pendingin dengan sepasang selang karet. Satu selang pendingin membawa panas dari pompa air ke inti pemanas dan selang lainnya pendingin kembali ke atas mesin. Biasanya ada katup kontrol pemanas di salah satu selang untuk memblokir aliran pendingin ke dalam inti pemanas ketika penyejuk udara maksimum disebut untuk.
Sebuah kipas, disebut blower, menarik udara melalui inti pemanas dan mengarahkan melalui saluran pemanas untuk interior mobil. Suhu panas diatur oleh sebuah pintu yang mencampur campuran dingin udara luar, atau kadang-kadang udara AC dengan udara panas datang melalui inti pemanas. Pintu ini campuran memungkinkan Anda untuk mengontrol suhu udara yang datang ke pedalaman. Pintu lain memungkinkan Anda untuk mengarahkan udara hangat melalui saluran-saluran di lantai, saluran defroster di dasar kaca depan, dan saluran AC terletak di panel instrumen.

Selang
Ada beberapa selang karet yang membentuk pipa untuk menghubungkan komponen-komponen sistem pendingin. Selang utama disebut selang radiator atas dan bawah. Kedua selang sekitar 2 inci dan diameter pendingin langsung antara mesin dan radiator. Dua selang tambahan, disebut selang pemanas, pendingin pasokan panas dari mesin ke inti pemanas. Ini selang sekitar 1 inci diameter. Salah satu selang mungkin memiliki katup kendali pemanas dipasang di garis untuk memblokir pendingin panas dari memasuki inti pemanas ketika AC diatur untuk max-dingin. Sebuah selang kelima, disebut selang bypass, digunakan untuk mengedarkan pendingin melalui mesin, melewati radiator, ketika termostat ditutup. Beberapa mesin tidak menggunakan selang karet. Sebaliknya, mereka mungkin menggunakan tabung logam atau memiliki bagian built-in di perumahan depan.
Ini selang dirancang untuk menahan tekanan di dalam sistem pendingin. Karena ini, mereka tunduk terhadap keausan dan akhirnya mungkin memerlukan penggantian sebagai bagian dari perawatan rutin. Jika karet mulai terlihat kering dan pecah-pecah, atau menjadi lembut dan berespon, atau Anda melihat beberapa balon di ujungnya, sekarang saatnya untuk menggantikan mereka. Selang radiator utama biasanya dibentuk untuk bentuk yang dirancang untuk mengusir selang sekitar hambatan tanpa uji puntir. Ketika membeli penggantian, pastikan bahwa mereka dirancang untuk memenuhi kendaraan.
Ada selang karet kecil yang membentang dari leher botol radiator cadangan. Hal ini memungkinkan pendingin yang dilepaskan oleh topi tekanan untuk dikirim ke tangki cadangan. Ini selang karet adalah sekitar seperempat inci dengan diameter dan biasanya bukan bagian dari sistem bertekanan. Setelah mesin dingin, pendingin ditarik kembali ke radiator dengan selang yang sama.

Sistem pendinginan Pemeliharaan dan Perbaikan
Sebuah mesin yang terlalu panas akan cepat merusak diri sendiri, sehingga perawatan yang tepat dari sistem pendingin sangat penting untuk kehidupan mesin dan operasi bebas masalah dari sistem pendingin pada umumnya.
Item perawatan yang paling penting adalah untuk menyiram dan mengisi pendingin secara berkala. Alasan untuk layanan ini penting adalah bahwa anti-beku memiliki sejumlah aditif yang dirancang untuk mencegah korosi dalam sistem pendinginan. Hal ini cenderung untuk mempercepat korosi ketika beberapa jenis logam berinteraksi satu sama lain. Skala menyebabkan korosi yang akhirnya menumpuk dan mulai menyumbat tabung datar tipis di radiator dan inti pemanas. menyebabkan mesin untuk akhirnya panas. Anti-korosi kimia dalam antibeku mencegah ini, tetapi mereka memiliki hidup yang terbatas.
Formulasi antibeku baru akan berlangsung selama 5 tahun atau 150.000 mil sebelum harus diganti. Antifreezes ini biasanya berwarna merah dan disebut sebagai "Extended Life" atau "Long Life" antibeku. GM telah menggunakan jenis pendingin di semua kendaraan mereka sejak 1996. Produk GM disebut "Dex-Cool".
Antibeku paling banyak digunakan dalam kendaraan bagaimanapun, adalah hijau dalam warna dan harus diganti setiap dua tahun atau 30.000 mil, yang pernah datang dulu. Anda dapat mengkonversi ke pendingin hidup baru yang panjang, tetapi hanya jika Anda benar-benar flush out semua antibeku lama. Jika ada pendingin hijau diperbolehkan bergaul dengan pendingin merah, Anda harus kembali ke siklus penggantian yang lebih pendek.
Carilah toko yang dapat membalikkan-flush sistem pendingin. Hal ini memerlukan peralatan khusus dan penghapusan thermostat untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Jenis flush terutama penting jika pendingin tua terlihat coklat atau memiliki skala atau puing-puing mengambang sekitar di dalamnya.
Jika Anda menghapus termostat untuk flush sebaliknya, selalu menggantinya dengan termostat baru dari suhu yang tepat. Ini adalah asuransi murah.
The Radiator Otomotif Nasional Asosiasi Pelayanan (NARSA) merekomendasikan bahwa pengendara motor memiliki tujuh poin pendinginan pemeliharaan sistem pencegahan memeriksa setidaknya sekali setiap dua tahun. Program tujuh poin dirancang untuk mengidentifikasi daerah yang membutuhkan perhatian. Ini terdiri dari:
  • inspeksi visual dari semua komponen sistem pendingin, termasuk ikat pinggang dan selang
  • tekanan radiator cap tes untuk memeriksa tingkat sistem yang direkomendasikan tekanan
  • cek termostat untuk membuka dan menutup yang tepat
  • tes tekanan untuk mengidentifikasi kebocoran eksternal untuk bagian-bagian sistem pendingin, termasuk radiator, pompa air, bagian mesin pendingin, radiator dan selang heater dan inti pemanas
  • uji internal kebocoran untuk memeriksa kebocoran pembakaran gas ke sistem pendingin
  • kipas mesin uji untuk operasi yang tepat
  • daya sistem flush dan isi ulang dengan konsentrasi produsen mobil dianjurkan pendingin
Mari kita liat satu item pada suatu waktu.

V isual Inspeksi
Apa yang Anda cari adalah kondisi ikat pinggang dan selang. Selang radiator dan selang pemanas mudah diperiksa hanya dengan membuka kap dan mencari. Anda ingin memastikan bahwa selang tidak memiliki retak atau pemecahan dan bahwa tidak ada menggelembung atau bengkak di ujung. Jika ada tanda-tanda masalah, selang harus diganti dengan nomor bagian yang benar untuk tahun ini, membuat dan model kendaraan. Jangan gunakan selang yang universal kecuali keadaan darurat dan dibentuk selang yang tepat tidak tersedia.
Selang heater biasanya berjalan lurus dan tidak dibentuk, sehingga selang universal baik untuk digunakan dan sering adalah semua yang tersedia. Pastikan bahwa Anda menggunakan diameter dalam yang tepat untuk selang yang diganti. Baik untuk selang radiator atau selang pemanas, pastikan bahwa Anda rute selang pengganti dengan cara yang sama bahwa selang asli berjalan. Posisi selang jauh dari halangan yang mungkin dapat merusak dan selalu menggunakan klem selang baru. Setelah Anda mengisi ulang sistem pendingin dengan pendingin, lakukan tes tekanan untuk memastikan bahwa tidak ada kebocoran.
Pada kendaraan yang lebih tua kebanyakan, pompa air didorong oleh sabuk V atau sabuk ular di depan mesin yang juga bertanggung jawab untuk mengemudi alternator, daya pompa steering dan kompresor AC. Jenis sabuk mudah untuk memeriksa dan mengganti jika mereka dipakai. Anda mencari retak mengering pada permukaan bagian dalam sabuk.
Pada kendaraan kemudian, pompa air sering didorong oleh timing belt. Sabuk ini biasanya memiliki harapan hidup tertentu di mana saat itu harus diganti untuk memastikan bahwa itu tidak gagal. Karena timing belt ada di dalam mesin dan akan memerlukan pembongkaran mesin parsial untuk memeriksa, sangat penting untuk menggantinya pada interval yang tepat. Karena tenaga kerja untuk mengganti ikat pinggang ini dapat signifikan, itu adalah ide yang baik untuk mengganti pompa air pada saat yang sama bahwa sabuk diganti. Hal ini karena 90 persen tenaga kerja untuk mengganti pompa air telah dilakukan untuk mengganti timing belt. Itu hanya asuransi yang baik untuk menggantikan pompa sementara semuanya terpisah.

Radiator tekanan uji tutup
Sebuah topi tekanan radiator dirancang untuk mempertahankan tekanan dalam sistem pendinginan pada tekanan maksimum tertentu. Jika sistem pendingin melebihi tekanan itu, katup di tutup terbuka berdarah tekanan yang berlebihan ke dalam tangki cadangan. Setelah mesin sudah mendingin, tekanan negatif mulai berkembang dalam sistem pendingin. Ketika ini terjadi, katup kedua di tutup memungkinkan pendingin yang akan tersedot kembali ke radiator dari tangki cadangan. Jika tutup gagal, mesin dengan mudah dapat menjadi terlalu panas. Sebuah tes tekanan tutup radiator adalah cara cepat untuk mengetahui apakah tutup melakukan tugasnya. Ini harus dapat menahan tekanan dinilai untuk dua menit. Karena topi radiator cukup murah, saya akan merekomendasikan mengganti setiap 3 tahun atau 36.000 mil, hanya untuk asuransi ditambahkan. Benar-benar memastikan bahwa Anda menggantinya dengan satu yang dirancang untuk kendaraan Anda.

Thermostat memeriksa pembukaan yang tepat dan menutup
Langkah ini hanya diperlukan jika Anda mengalami masalah dengan sistem pendingin.
Termostat adalah dirancang untuk membuka pada suhu pendingin tertentu. Untuk menguji termostat saat itu masih di mesin, hidupkan mesin dan biarkan datang ke suhu operasi normal (jangan biarkan terlalu panas). Jika itu membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk mesin untuk pemanasan atau untuk pemanas untuk mulai mengirimkan udara panas, termostat mungkin terjebak dalam posisi terbuka. Jika mesin tidak hangat, mematikan dan mencari dua selang radiator. Ini adalah dua selang besar yang pergi dari mesin ke radiator. Rasakan dengan hati-hati (mereka bisa menjadi sangat panas). Jika salah satu selang panas dan lainnya dingin, thermostat mungkin terjebak ditutup.
Jika Anda mengalami masalah dan tersangka termostat, keluarkan dan tempatkan dalam panci air. Bawa air mendidih dan menonton termostat. Anda harus melihatnya terbuka saat air mencapai mendidih. Termostat yang paling terbuka pada sekitar 195 derajat Fahrenheit. Sebuah termometer oven dalam air harus mengkonfirmasi bahwa thermostat bekerja dengan benar.
 
Tekanan tes untuk mengidentifikasi kebocoran eksternal
Pengujian tekanan sistem pendingin adalah proses sederhana untuk menentukan di mana kebocoran berada. Tes ini hanya dilakukan setelah sistem pendingin telah didinginkan cukup untuk memungkinkan Anda dengan aman menghapus tutup tekanan. Setelah Anda yakin bahwa sistem pendingin penuh dengan pendingin, tester tekanan sistem pendingin yang terpasang di tempat tutup radiator. Tester dari dipompa untuk membangun tekanan dalam sistem. Ada alat ukur pada tester menunjukkan berapa banyak tekanan yang sedang dipompa. Anda harus pompa ke tekanan yang ditunjukkan pada tutup tekanan atau dengan spesifikasi produsen.
Setelah tekanan diterapkan, Anda dapat mulai untuk mencari kebocoran. Juga menonton gauge pada tester untuk melihat apakah kehilangan tekanan. Jika tekanan turun lebih dari beberapa pound dalam dua menit, ada kemungkinan kebocoran di suatu tempat yang mungkin tersembunyi. Hal ini tidak selalu mudah untuk melihat di mana kebocoran ini berasal dari. Hal yang terbaik adalah memiliki kendaraan di lift sehingga Anda dapat melihat atas segala sesuatu dengan cahaya toko atau senter. Jika inti pemanas dalam bocor, mungkin tidak akan terlihat karena inti adalah tertutup dan tidak terlihat tanpa pembongkaran besar, tapi satu tanda pasti adalah bau yang jelas antifreeze di dalam mobil. Anda juga dapat melihat kaca depan mengepul dengan residu berminyak.

Kebocoran internal tes
Jika Anda kehilangan pendingin, tetapi tidak ada tanda-tanda kebocoran, Anda bisa memiliki paking kepala ditiup. Cara terbaik untuk menguji masalah ini adalah dengan tes kebocoran pembakaran pada radiator. Hal ini dicapai dengan menggunakan tester blok. Ini adalah kit yang melakukan tes kimia pada uap dalam radiator. Biru cairan tester ditambahkan ke wadah plastik di tester. Jika cairan berubah menjadi kuning saat tes, maka gas buang yang hadir dalam radiator.
Penyebab paling umum untuk gas buang untuk hadir dalam radiator adalah paking kepala ditiup. Mengganti paking kepala buruk memerlukan pembongkaran mesin utama dan dapat cukup mahal. Penyebab lainnya termasuk kepala retak atau blok retak, keduanya bahkan lebih diinginkan daripada harus mengganti paking kepala.

Ketika paking kepala memburuk
Proses mengganti paking kepala dimulai dengan benar-benar menguras cairan pendingin dari mesin. Bagian atas mesin kemudian dibongkar bersama dengan banyak bagian depan mesin untuk mendapatkan akses ke kepala silinder. Kepala atau kepala kemudian dihapus dan pemeriksaan menyeluruh untuk kerusakan tambahan dilakukan.
Sebelum mesin dapat dirakit kembali, permukaan kawin dari kepala dan blok yang pertama dibersihkan untuk memastikan bahwa tidak akan mengganggu dengan sifat penyegelan gasket. Permukaan kepala silinder juga diperiksa untuk kerataan dan, dalam beberapa kasus, blok tersebut akan diperiksa juga. Gasket kepala kemudian diposisikan di blok dan selaras dengan menggunakan pasak pencari yang dibangun ke blok. Kepala kemudian ditempatkan di atas gasket dan sejumlah baut, disebut kepala-baut yang dilapisi dengan minyak dan longgar benang ke perakitan. Baut kemudian diperketat dalam urutan tertentu untuk torsi awal yang ditentukan menggunakan kunci khusus yang disebut kunci momen. Hal ini untuk memastikan bahwa gasket kepala hancur merata dalam rangka untuk memastikan segel ketat. Proses ini kemudian diulang untuk pengaturan, torsi kedua lebih ketat, akhirnya pengaturan torsi ketiga. Pada titik ini, sisa dari mesin dipasang kembali dan sistem pendingin diisi dengan campuran antibeku dan air. Sekali mesin diisi, teknisi akan tes tekanan sistem pendingin untuk memastikan tidak ada kebocoran.
Pada banyak mesin, pendingin juga melewati antara kepala dan intake manifold. Ada juga gasket untuk intake manifold untuk menjaga pendingin dari bocor keluar pada saat itu. Mengganti gasket intake manifold adalah pekerjaan jauh lebih mudah daripada gasket kepala, tapi masih bisa mengambil beberapa jam atau lebih untuk pekerjaan itu.

Mesin Uji Fan
Kipas pendingin radiator bagian penting dari operasi sistem pendingin. Sementara kipas tidak benar-benar dibutuhkan saat kendaraan melakukan perjalanan di jalan raya, adalah sangat penting ketika menyetir pelan-pelan atau berhenti dengan mesin berjalan. Di masa lalu, kipas itu ditempelkan ke mesin dan didorong oleh sabuk kipas. Kecepatan kipas secara langsung proporsional dengan kecepatan mesin. Jenis sistem kadang-kadang menyebabkan kebisingan yang berlebihan sebagai mobil dipercepat melalui gigi. Sebagai mesin dipercepat, suara kipas terdengar bergegas. Untuk menenangkan segalanya dan tempat kurang dari tarik dalam mesin, drive fan kental dikembangkan dalam rangka untuk melepaskan kipas saat itu tidak diperlukan.
Ketika kontrol komputer muncul menjadi ada, mesin ini fans didorong memberi jalan untuk kipas listrik yang dipasang langsung pada radiator. Sebuah sensor suhu ditentukan ketika mesin mulai berjalan terlalu panas dan menyalakan kipas menarik udara melalui radiator untuk mendinginkan mesin. Pada banyak mobil, ada dua kipas dipasang berdampingan untuk memastikan bahwa radiator memiliki aliran udara yang seragam untuk lebar unit.
Ketika mobil itu bergerak, kecepatan udara yang masuk panggangan sudah cukup untuk menjaga pendingin pada suhu yang tepat, sehingga fans yang mematikan. Ketika kendaraan berhenti, tidak ada aliran udara alami, sehingga kipas akan datang secepat mesin mencapai suhu tertentu.
Jika AC dinyalakan, sirkuit yang berbeda akan datang ke dalam bermain. Alasan untuk ini adalah sistem pendingin udara selalu membutuhkan aliran udara yang baik melalui kondensor yang dipasang di depan radiator. Jika aliran udara berhenti, udara AC yang masuk melalui outlet dasbor segera akan mulai pemanasan. Untuk alasan ini, ketika AC dihidupkan, rangkaian kipas akan kekuatan para penggemar terlepas dari suhu mesin.
Jika Anda melihat bahwa suhu mesin mulai naik segera setelah kendaraan datang untuk berhenti, hal pertama adalah untuk memeriksa operasi fan. Jika kipas tidak berputar saat mesin panas, sebuah tes sederhana untuk menghidupkan AC pada. Jika kipas mulai bekerja, tersangka sensor suhu dalam rangkaian kipas (Anda akan memerlukan diagram pengkabelan untuk kendaraan Anda untuk menemukan itu). Dalam rangka untuk menguji mesin kipas itu sendiri, cabut konektor kabel dua kipas dan menghubungkan sumber volt 12 untuk satu terminal dan tanah lainnya. (Tidak peduli yang mana untuk tes ini) Jika kipas mulai gilirannya, motor yang baik. Jika tidak berubah, motor yang buruk dan harus diganti.
Dalam rangka untuk menguji sistem lebih lanjut, Anda akan membutuhkan sebuah manual perbaikan untuk tahun ini, membuat dan model kendaraan dan mengikuti grafik pemecahan masalah dan prosedur diagnostik untuk kendaraan Anda. Pada kebanyakan sistem, akan ada relay kipas atau modul kontrol kipas yang dapat menjadi tempat masalah. Ada sejumlah sistem kontrol yang berbeda, masing-masing membutuhkan prosedur tes yang berbeda. Tanpa perbaikan informasi yang tepat, Anda dapat dengan mudah melakukan lebih berbahaya daripada baik.

Sistem pendingin listrik flush dan isi ulang
Meskipun Anda dapat mengganti pendingin lama dengan pengeringan itu dan menggantikannya dengan pendingin segar, cara terbaik untuk benar mempertahankan sistem pendingin Anda adalah memiliki daya sistem memerah. Pembilasan Power akan menghapus semua pendingin tua dan menarik keluar setiap sedimen dan skala bersama dengan itu.
Pembilasan listrik membutuhkan mesin khusus yang toko-toko otomatis telah banyak perbaikan untuk tujuan tersebut. Prosedur ini mensyaratkan bahwa thermostat dihapus, selang radiator bawah terputus, dan mesin flush terhubung sejalan. Selang lebih rendah terhubung ke mesin dan selang lainnya dari mesin terhubung ke radiator mana selang lebih rendah diputus dari.
Air, dan kadang-kadang, agen pembersih dipompakan melalui sistem pendingin dalam reverse path dari aliran pendingin yang normal. Hal ini memungkinkan skala apapun menjadi longgar dan mengalir keluar. Setelah air jernih yang keluar dari sistem, selang menghubungkan kembali dan termostat baru dipasang. Kemudian sistem pendingin diisi ulang dengan jumlah yang sesuai antifreeze untuk membawa pendingin untuk campuran yang tepat dari antibeku dan air. Untuk kendaraan yang paling dan paling iklim, campuran 50 persen antibeku dan 50 persen air. Dalam iklim dingin, antibeku lebih banyak digunakan, tetapi tidak pernah harus melebihi 75 antibeku persen. Periksa manual pemilik Anda untuk prosedur yang tepat dan rekomendasi untuk kendaraan Anda.

1 comment:

  1. malam pak mau nanya kondisi radiator bagus semuanya hanya celah2 kecil radiator yg dr aluminium ada beberapa yg somplak, radiator ada masalah apa ga?? thanks balasanya
    Balas

    ReplyDelete